News, Ekonomi

Penetapan RTRW Sangat Penting Untuk Meyakinkan Pengusahan Berinvestasi

| Jumat 15 Dec 2017 13:10 WIB | 1094



Minwardi (istimewa)


MATAKEPRI.COM, Natuna - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Natuna Minwardi mengatakan, sejauh ini belum ada investor, baik lokal maupun luar negeri yang menanam modal di Natuna.

Menurut Minwardi, ada beberapa kendala menyebabkan investor “ogah” masuk ke negeri perbatasan ini. Salah satunya adalah sarana prasarana transportasi belum maksimal.

Namun kata eks Kadis Pekerjaan Umum (PU) ini, perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang belum disahkan, juga menjadi kendala tersendiri bagi para calon investor.

Penetapan RTRW sangat penting, untuk meyakinkan pengusahan berinvestasi. Demikian agar tidak mengganggu jalannya usaha yang mereka lakukan di ujung utara Insonesia.

Terkait pengurusan izin usaha, Min ingin memberikan kemudahan kepada masyarakat, terutama dalam hal rekomendasi dinas sesuai dengan jenis usaha diajukan. Agar tidak merepotkan masyarakat, dinas harus menempatkan perwakilannya di PMPTSP.

Minwardi sudah meminta kepada Bupati Natuna agar program tersebut dapat terlaksana, namun hingga setahun Dinas PMPTSP berdiri, keinginan Minwardi belum terkabul.

“Jadi begini, saya ingin masyarakat yang mengajukan ijin usaha, mereka tak perlu ke dinas-dinas untuk meminta rekomendasi sesuai bidang yang diajukan, tapi dinas-dinas ini cukup menempatkan perwakilan mereka di PMPTSP ini, untuk melakukan verifikasi sarat-sarat untuk dapatkan rekom dinas, namanya juga satu pintu,” papar Minwardi di ruang kerjanya belum lama ini.(***)




Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait