News, Politik

Ahok Satu-Satunya Warga RI yang Masuk dalam Daftar 'Top 100 Global Thinker 2017'

| Kamis 07 Dec 2017 11:43 WIB | 1258




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masuk ke dalam daftar 'Top 100 Global Thinker 2017' dari majalah Foreign Policy. Ahok adalah satu-satunya orang Indonesia yang masuk ke daftar tersebut pada tahun ini. 

Dilihat detikcom dari laman Foreign Policy, Kamis (7/12/2017), nama Ahok bersanding dengan tokoh dunia lainnya seperti Presiden Prancis Emmanuel Macron hingga Presiden Korea Selatan Moon Jae-In. 

Associate Editor Foreign Policy, Benjamin Soloway menulis alasan mengapa Ahok masuk ke dalam daftar Top 100 Global Thinker. Ia juga memaparkan sosok Ahok saat menjadi gubernur DKI Jakarta hingga ke kasus hukum yang menjeratnya.

Ahok masuk ke dalam Top 100 Globak Thinker 2017 dari Foreign PolicyAhok masuk ke dalam Top 100 Globak Thinker 2017 dari Foreign Policy Foto: situs Foreign Policy



"Basuki Tjahaja Purnama, for standing up to Indonesia's creeping fundamentalism," tulis Benjamin soal alasan pemilihan Ahok ke daftar tersebut. 

Benjamin menyebut Ahok bukanlah tipe ideal bagi politikus Indonesia. Hal itu karena Ahok berasal dari kelompok minoritas di negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. 

"Bermulut tajam (kasar), keturunan asal China dan beragama Protestan di negara dengan penduduk mayoritas muslim terbesar dunia, Ahok bukan tipe ideal untuk politikus di Indonesia seperti kebanyakan orang. Mungkin ini perbedaan itu yang bisa bekerja dirinya," tulis Benjamin. 

Majalah Foreign Policy sendiri adalah majalah kenamaan Amerika Serikat yang didirikan oleh Profesor dari Harvard dan rekannya Warren Demian Manshel sejak 1970. Topik majalah mencakup politik, ekonomi, integrasi dan ide global. 

Foreign Policymenurunkan daftar pemikir top dunia 'Top Global Thinker setiap tahunnya. Pada tahun ini, berbagai profesi masuk ke dalam daftar itu mulai dari presiden, legislator, teknokrat, pelawak, pengusaha hingga pembuat film.(www.detik.com/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait