Karimun

Juara Lomba Foto Pesona Karimun, Diraih Fotograper Asal Batam dan Tanjungpinang

Maman | Senin 04 Dec 2017 09:40 WIB | 2461



PENJURIAN : Suasana ruang penjurian Lomba Foto Pesona Karimun, Minggu (3/12/2017) di Gedung Nasional Tanjung Balai Karim


MATAKEPRI.COM, Karimun - Sebanyak 200 foto peserta dari berbagai daerah Kabupaten dan Kota se-Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang mengikuti Lomba Foto bertajuk 'Pesona Karimun' yang disenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun bersama Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kepri, telah usai tahap Penjurian, Minggu (3/12/2017) di Gedung Nasional Tanjung Balai Karimun.

Berdasarkan selekasi yang dilakukan, dari 200 foto, awalnya diseleksai menjadi 50 foto. Seanjutnya diseleksi kembali hingga masuk nominasi 10 besar. Dari 10 besar foto terbaik, kembali disekeksi menjadi 6 foto, untuk mengambil juara I, II, III, juara harapan I, II dan III. Hasilnya, photograper asal Batam, keluar sebagai Juara Pertama. Sedangkan untuk Juara Kedua, diraih Photograper asal Tanjungpinang.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pelaksana, Riyadi, kepada media ini, Senin (4/12/2017) di Bilangan Sei Lakam Tanjung Balai Karimun. Dikatakan, Lomba Foto yang bertema "Empat Azam pembangunan Kabupaten Karimun" itu, dalam rangka sempena HUT Pemkab Karimun yang ke-18 Tahun.

"Berdasarkan hasil penjurian yang dilakukan di Gedung Nasional Jalan Yos Sudarso pada Minggu (3/12/) kemarin, juara pertama diraih oleh photograper asal Batam. Sedangkan Juara Kedua, diraih oleh photograper asal Tanjungpinang," ujarnya.

Dikatakan, selama penyeleksian yang dilakukan oleh 3 Dewan Juri, yaitu, Robinsar Opak, Senior Foto Jurnalis PFI Pusat, Immanuel Sebayang, Pembina PFI Kerpi dan Eko Riswanto, selaku Kabag Humas Pemkab Karimun, terlibat adu argumen dalam voting terhadap 10 foto, untuk menentukan 6 Foto yang akan menjadi juara. 

"Proses penyaringan 10 besar ke 6 besar yang akan menjadi pemenang dan akan di pamerkan pada Tanggal 6-9 Desember 2017 Mendatang, cukup alot," ujarnya.

Usai penjurian, sebutnya, satu juri, Robinsar mengatakan bahwa Lomba Foto yang dilaksanakan PFI Kepri di Karimun itu, adalah sesuatu yang positif. Selain untuk merangsang para fotografer untuk memotret, lomba itu juga sebagai ajang pencarian bibit fotografer di Karimun. Kegiatan seperti itupun diharapkan dapat dilakukan diberbagai tempat Kabupaten dan Kota di Kepri.

Selain itu, tambah Riyadi, tanggapan Robinsar terhadap foto-foto yang masuk untuk mengikuti lomba, bukanlah pencapaian yang kecil. Karena semua foto yang masuk, rata-rata sesuai dengan tema dan memenuhi persyaratan. Jika seandainya 6 bulan sebelum penjurian diumumkan, kemungkinan akan ada ribuan foto yang masuk ke meja panitia.

Sementara itu, lanjutnya, Kabag Humas Pemkab Karimun Eko Riswanto juga menyampaikan hal yang sama. Selain itu, Riswanto juga tidak menyangka jika Lomba Foto yang dilaksanakan dan yang pertama kalinya, mengaku kagum atas animo peserta yang cukup antusias. 

"Menanggapi foto yang masuk penjurian, Eko menilai sebagian besar peserta, berupaya memvisualisasikan empat azam pembangunan Karimun. Namun, saat ditanya untuk penentuan juara pertama dan kedua, pada Dua foto tentang budaya dan bangunan Karimun, dirinya mengaku sedikit bingung menentukan," pungkasnya.

Selain pameran foto pada puncak acara pada 9 Desember 2017 nanti, Panitia juga akan menggelar lomba foto model On The Spot, dengan dengan tema ditentukan oleh Panitia dengan hadiah uang tunai Jutaan Rupiah dan akan dipilih langsung oleh Bupati Karimun. Sedangkan untuk juara Lomba Foto, nantinya akan dihubungi oleh panitia dan akan diundang pada penyerahan hadiah.

"Bagi pencinta fotografi di Karimun, sangat disayangkan jika melewatkan acara ini. Selain bisa melihat pameran, juga bisa membawa uang Jutaan Rupiah jika beruntung. Untuk Juara Pertama, diraih fotografer asal Batam dan Juara Kedua, diraih fotografer asal Tanjungpinang," pungkasnya. (Hasian).



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait