News, Pendidikan

Jas Hujan Ponco Tidak Dianjurkan Bagi Pengendara Sepeda Motor, Kenapa?

| Selasa 28 Nov 2017 13:12 WIB | 1769




MATAKEPRI.COM - Meski tidak dianjurkan, namun ada saja pengendara sepeda motor yang masih nekat menggunakan jas hujan model ponco. Padahal anjuran itu bukan tanpa alasan.

Menanggapi hal ini instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menghimbau agar pemotor wajib mengenakan safety gear yang layak karena terkait dengan kesehatan dan keselamatan, seperti jas hujan model two piece dan menghindari penggunaan jas hujan  ponco.

"Jas hujan ponco yang berkibar-kibar membahayakan pengendara karena bisa masuk ke rantai. Selain itu, jas hujan ini resistensi airnya kurang sehingga pengendara akan selalu basah," ungkap Jusri.

Selain itu, penggunaan jas hujan ponco juga tak aman karena dapat menutupi lampu belakang, sehingga pengendara lain bisa terhalang lampu penanda rem.

Lebih lanjut Jusri menurutkan, jas hujan sebaiknya berwarna cerah seperti putih, kuning, oranye, atau hijau. Warna mencolok akan memudahkan visibilitas pemotor lain, terutama oleh pengendara mobil besar.

"Pemotor saat melintasi hujan badai visibilitasnya akan berkurang (oleh pengemudi). Jas hujan berwana cerah akan membantu keselamatan pemotor di jalan," jelasnya.

Selain masalah jas hujan, pengendara sepeda motor juga harus mengenakan sepatu berupa boot, terlebih saat akan menerabas hujan.

Sedangkan sepatu kantor atau casual dapat disimpan di bagasi sepanjang perjalanan.

"Untuk jenisnya saya sarankan berupa boot dan bahannya waterproof. Bila sepatunya basah bisa membuat masuk angin atau jamuran," pungkasnya. (www.liputan6.com/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait