News, Kesehatan

Anda Mudah Merasa Lapar?? Ini 5 Alasannya!!!

| Sabtu 25 Nov 2017 11:32 WIB | 1265




MATAKEPRI.COM - Belum ada satu jam lalu makan, sudah lapar lagi. Pernah mengalami begitu? Jika iya, ada beberapa hal yang membuat seseorang cepat merasa lapar.

Alasan pertama, mungkin Anda kurang minum air putih. Dehidrasi bisa membuat seseorang merasa dirinya lapar, padahal sesungguhnya hanya butuh minum air putih. Selain itu ada juga alasan lain yang membuat seseorang jadi mudah merasa lapar. Mengutip laman Health, Jumat (24/11/2017) berikut diantaranya.


1. Semalam tidur tak nyenyak

Coba ingat-ingat kembali, semalam tidur nyenyak tidak? Jika tidak, bisa jadi itu yang membuat Anda jadi mudah lapar hari ini.

"Kurang tidur dapat menyebabkan lonjakan kadar ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan dan menurunkan kadar leptin, hormon yang menyebabkan perasaan kenyang. Itu sebabnya jadi mudah lapar," kata American Academy of Nutrition and Dietetics, Alissa Rumsey.



2. Kebanyakan makan nasi

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat seperti nasi, kue, dan roti membuat seseorang jadi mudah lapar. "Karbohidrat sederhana seperti kue kering, biskuit, membuat kadar gula darah meningkat cepat, tapi turun juga cepat," kata ahli nutrisi, Maggie Moon.

Ketika gula darah terjun bebas, rasa lapar untuk makan pun meningkat. Ketika hal ini terjadi alangkah baiknya mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti kacang-kacangan dan apel.


3. Stres

Saat sedang tegang, tubuh memproduksi hormon stres adrenalin dan kortisol. Peningkatan hormon tersebut mengirimkan pesan ke otak bahwa dia lapar.

"Stres juga menurunkan kadar serotonin kimia di otak, nah itu membuat seseorang merasa lapar padahal sesungguhnya tidak," kata Moon lagi.


4. Dibombardir foto-foto makanan enak

Foto-foto foodgasm yang ada di Instagram atau Facebook ampuh membuat keinginan seseorang untuk makan sesuatu meningkat. Hal itu terbukti dalam studi 2012 yang dipublikasikan dalam jurnal Obesity.Disebutkan dalam studi itu, melihat makanan yang nampaknya lezat meningkatkan kadar ghrelin yakni hormon yang membuat rasa lapar.


5. Kurang konsumsi lemak dan protein

Kurang asupan lemak dan protein juga mengurangi perasaan kenyang. Oleh karena itu setiap kali makan pastikan ada protein dan lemak sehat di dalamnya. Protein misalnya didapat dari daging , telur, dan kacang-kacangan. Sementara lemak sehat bisa dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan avokad. (www.liputan6.com/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait