News, Kesehatan

Gusi Anda Berdarah?? Ini Cara Alami Mengatasinya!!!

| Sabtu 25 Nov 2017 11:10 WIB | 3137




MATAKEPRI.COM - Adakah di antara Anda yang mengalami gusi berdarah saat bangun tidur? Kondisi yang disebut Gingivitis ini merupakan kondisi yang disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan gusi bengkak dan berdarah.

Mengutip lamanĀ Boldsky, Kamis (23/11/2017), gusi berdarah harus segera diobati karena jika dibiarkan hal ini akan menyebabkan periodontitis. Periodontitis ini merupakan kondisi yang dapat menyebabkan copotnya gigi seseorang.

Saat mengalami gingivitis maupun periodontitis, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Biasanya, dokter akan memberikan resep untuk mengobati kedua penyakit tersebut.

Selain dengan obat, gusi berdarah juga bisa diobati dengan bahan-bahan alami sebagai berikut.

1. Kumur air garam

Garam merupakan pengobatan alami yang dapat mengobati berbagai infeksi di mulut. Larutan garam berkhasiat mengatasi inflamasi dan juga antiseptik. Larutan ini dapat mengatasi masalah penyebab bakteri dan mengatasi rasa nyeri.

Untuk mengatasi gusi berdarah, berkumurlah dengan larutan garam beberapa kali dalam sehari.

2. Minyak pepermint

Minyak peppermint sangat efektif dalam mengobati sejumlah penyakit gusi. Minyak ini secara efektif membunuh bakteri jahat di mulut dan mengurangi pembengkakan. Aroma minyak peppermint juga bisa mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Oleskan beberapa tetes minyak peppermint langsung ke gusi untuk mengatasi gusi bengkak dan berdarah.

3. Kayu Manis

Kayu manis memiliki efek anti bakteri yang kuat. Tanaman ini dapat membantu mengobati kerusakan gigi dan juga melawan penyebab utama radang gusi. Kayu manis juga bisa memberikan nafas segar.

Buatlah pasta bubuk kayu manis segar dengan air dan oleskan ke gusi. Biarkan selama dua menit dan bilas.

4. Makan wortel

Makan sayuran yang renyah seperti wortel dapat membantu menguatkan gigi. Wortel juga bisa membantu mencegah bau napas. Selain itu, sayuran ini juga mnegandung vitamin C dan D yang dapat mengatasi gingivitis.(www.liputan6.com/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait