News, Kesehatan

Ini Dia 5 Gejala Kanker Paru yang Kerap Terabaikan

| Sabtu 25 Nov 2017 10:38 WIB | 1665




MATAKEPRI.COM - Kanker paru adalah salah satu penyakit kanker yang banyak ditemui di masyarakat, terutama pada mereka yang punya kebiasaan merokok. Sayangnya, banyak pasien kanker paru yang datang terlambat ke dokter. Salah satunya karena tak menyadari gejala yang muncul.

Jika kanker tidak ditemukan sejak awal, maka tingkat keberhasilan pengobatan pun menjadi rendah. Untuk itu, kenali lima gejala kanker paru yang sering terabaikan berikut menurut dr Elisna Syahruddin SpP (K) PhD dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dan RS Persahabatan yang ditemui, Jumat (25/11/2017), di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. 

Batuk Berdarah

Batuk darah jelas bukan pertanda baik bagi kesehatan tubuh. Menurut dr Elisna, seseorang yang mengalami batuk darah harus segera periksa ke dokter.

"Batuk berdarah bisa jadi tanda adanya kanker paru, walau perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya" ujar dr. Elisna.


Nyeri dada

Selain menjadi tanda serangan jantung, nyeri dada juga menjadi gejala kanker paru. Tandanya, Anda sering merasa sakit di dada, punggung, hingga bahu. Terkadang bisa disertai rasa sesak di dada. Menurut dr Elisna ketika Anda merasakan sakit di mana tumor itu berada, misalnya jika tumor berada di belakang dada, Anda bisa merasakan sakit di punggung.


Batuk terus-menerus

Batuk bisa disebabkan oleh sesuatu yang ringan seperti sedang flu dan alergi. Namun, jika batuk tak juga berhenti dalam waktu yang lama, bisa jadi tanda penyakit lebih serius, seperti kanker paru.

"Adanya kanker di jalan pernapasan itu dapat mengiritasi tenggorokan dan membuat Anda batuk." jelasnya. Adanya kanker juga dapat menghasilkan lendir yang membuat batuk lebih buruk.


Sesak napas

Jika Anda tiba-tiba merasa terengah-engah ketika menaiki tangga atau sekedar berjalan, bisa jadi gejala kanker paru-paru, terutama jika disertai dengan gejala lainnya.

"Sesak napas bisa berasal dari tumor menghalangi tenggorokan. Hal ini juga dapat berasal dari akumulasi cairan di dada yang mendorong atau menekan paru-paru sehingga kurangnya udara." 

Kesulitan bernapas ketika sedang duduk atau berbaring bisa jadi tanda masalah. Maka segera periksakan ke dokter.


Kelelahan

Penurunan berat badan dan hilang nafsu makan bisa jadi tanda kanker paru-paru. Selain itu, diikuti rasa lelah berlebihan, padahal Anda melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. (www.detik.com/***)






Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait