News, Ekonomi, Pendidikan

Kuli Bangunan Ini Adalah Wakil Kepala Sekolah, Kenapa Ia Menyamar?

| Jumat 24 Nov 2017 14:16 WIB | 1730




MATAKEPRI.COM, Manado - Wakil Kepala Sekolah SDN 46 Kota Manado, Sam Tinondihang juga melakoni pekerjaan sebagai seorang tukang kayu maupun kuli bangunan. Ia berharap keahliannya itu bisa menjadi modal untuk menyambung hidup usai pensiun.

"Saya jadi guru sejak 1986 dan diangkat menjadi Wakil Kepala Sekolah sejak 1986," kata Sam saat berbincang dengan detikcom, Jumat (24/11/2017).

Pekerjaan sambilan Sam diakui oleh rekan-rekannya. Kepala Sekolah SDN 46, Lintje Heydemans mengakui wakilnya memiliki kerja sambilan tersebut. Tetapi hal itu tidak mengganggu pekerjaan utamanya. Selain menjadi kuli bangunan, Sam juga bisa menjadi tukang kayu.


Wakil Kepala SDN Ini Nyambi Jadi Kuli Bangunan


"Di sekolah juga kerusakan kursi, meja dan lemari itu yang kerjakan Pak Guru Sam. Daripada saya kasih order ke orang lain saya panggil Pak Sam," kata Lintje.


Aktivitas Sam sehari-harinya sebagai guru, guru agama yang juga menjadi guru pengganti mata pelajaran umum di Kelas VI. Guru Sam pun disenangi anak-anak di sekolah.


"Senang dan sayang bapak guru. Pernah lihat pak guru buat kursi, meja. Kalau lihat pak guru pulang sekolah jadi tukang, saya rasanya jengkel. Masa guru jadi tukang?," kata siswa SDN 46, Daniel.

Lantas apa komentar Sam komentar kolega dan anak didiknya? Sam memilih menanggapinya dengan senyum.

"Kadang di teman-teman jadi pembicaraan, sudah jadi guru mau kerja jadi tukang. Sudah barang kali melekat di hati, tidak bisa kita lupakan karena sudah dari dulu bisa jadi tukang, karena profesi guru kan juga ada masa berlakunya, tidak selamanya jadi guru. Kita bisa kembali jadi tukang," ujar Sam.(www.detik.com/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait