News, Pendidikan

4 Tips Ini Bisa Dilakukan Untuk Mengasah Kemampuan Berbahasa Inggris

| Kamis 16 Nov 2017 14:58 WIB | 2025




Untuk mengejar karier, terkadang ada upaya lebih yang harus kita lakukan. Nah masalahku--dan aku yakin pasti banyak dialami oleh orang di luar sana--ialah mengasah kemampuan berbahasa Inggris.

Skill yang satu ini memang bermanfaat banget: mulai dari melamar kerja, mengejar beasiswa luar negeri, atau sesimpel berinteraksi dengan orang lain. Cara paling mainstream yang biasa orang tempuh ialah lewat jalur kursus. Namun untukmu yang mungkin tidak ingin mengambil opsi tersebut karena keterbatasan waktu, budget, ataupun mudah bosan, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan. Simpel dan fun, kok!

Lewat game yang kita mainkan

Banyak gamer yang mengaku kemampuan bahasa Inggris mereka turut terasah lewat aktivitas ini. Terutama dalam hal pengetahuan kosakata. Sekali bermain, dua tujuan jadi tercapai, bukan?

Lewat aplikasi bahasa

androidauthority.com

Pernah mendengar nama aplikasi Duolingo? Doulingo adalah aplikasi belajar berbagai bahasa di belahan dunia, termasuk bahasa Inggris. Layanan basic-nya bisa dinikmati secara gratis. Metode pembelajaran yang disediakan juga mudah dicerna dan menyenangkan. Tinggal unduh di Play Store ataupun Apple Store, kita pun bisa belajar bahasa kapan saja dan di mana saja.

Belajar dari film atau lagu favorit

langitbirukata.com

Cara yang satu ini cukup ampuh untukku dalam berbahasa Inggris. Mungkin dikarenakan sejalan dengan hobi, jadi proses belajarnya pun terasa lebih mudah dan bermanfaat. Jika kalian punya hobi yang bisa dikaitkan dengan tujuan ini, maka lakukanlah. Dengan begitu, kalian akan merasa lebih ikhlas dalam melakukannya. 

Terakhir, rajin-rajinlah membaca

pexels.com

Yang satu ini mungkin terdengar klise, namun memang berperan penting dalam meningkatkan kemampuan kita. Dengan membaca bukan hanya jangkauan kosakata kita saja yang berkembang, namun juga kemampuan kita memahami konteks. Penting banget nih, terutama untukmu yang ingin lanjut kuliah atau berkarier di bidang kepenulisan.

Nah, sekarang sudah tahu 'kan kalau mengejar tujuan #BaikItuMudah dan bukan hal yang mustahil? (www.idntimes.com)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait