News, Kesehatan

Badan Sakit-Sakitan? Ini Dia 3 Kesalahan Duduk Yang Tak Kamu Sadari!!

| Senin 13 Nov 2017 11:20 WIB | 1314




MATAKEPRI.COM, JakartaSakit dan nyeri yang sering dirasakan di badan Anda bisa jadi karena kesalahan saat duduk. Hal ini umumnya dipengaruhi kesalahan postur dan waktu duduk. 

Kesalahan-kesalahan tersebut sayangnya sering dianggap biasa. Padahal dampaknya bisa berbahaya. Untuk itu, berikut penjelasan tentang dampak dari kesalahan umum saat duduk, seperti dikutip dari Insider.

1. Duduk membungkuk di depan meja kerja

Postur tubuh yang buruk saat duduk bisa membuat Anda merasa tidak nyaman, sekalipun kursi Anda nyaman. Hal ini bisa berpotensi menyebabkan sakit dan nyeri kronis, terutama jika Anda sering bekerja sambil duduk berjam-jam. 

Dr. Keith Overland dari American Chiropractic Association mengatakan bahwa banyak orang duduk di tepi kursi, lalu tanpa sadar membungkuk sambil menatap monitor. Posisi tegang ini bisa menyebabkan badan sakit akut bahkan kronis. Menurut WebMD, akibat dari ini antara lain sindrom karpal, cedera tendon, dan ketegangan otot.

Foto: Ilustrasi/thinkstock


2. Terlalu tegang di depan kemudi

Bahkan saat Anda terjebak macet, postur duduk yang salah di depan kemudia bisa menjadi pemicu badan sakit akibat duduk. Overland menyarankan Anda untuk tetap tegak selama mengemudi. Sebagai bantuan, letakkan bantal di belakang punggung selama mengemudi agar tidak terlalu tegang.

Cara seperti itu juga membantu Anda duduk sedekat dan senyaman mungkin dengan kemudi. Agar lebih mendukung, pastikan lutut Anda sedikit lebih tinggi dari pinggul Anda.

3. Duduk lama tanpa jeda

Semua orang pasti tahu bahwa duduk dalam waktu lama bisa berbahaya untuk kesehatan. Tapi, sering kali orang terjebak dengan menumpuknya tugas atau kemalasan untuk berjalan. Berbagai masalah yang timbul selain kemungkinan keluhan sakit di punggung, paha, dan kaki adalah embolisme atau penyumbatan pembuluh darah yang bisa berbahaya.

Untuk menghindari risiko tersebut, Anda harus berusaha untuk memberi waktu jeda dengan bangun dan bergerak, seperti berjalan kaki dan lakukan peregangan. Cara minimal yang bisa Anda lakukan, sekalipun dalam posisi duduk, adalah peregangan di atas kursi. (www.detik.com/***)

Ketika terlalu banyak duduk, sempatkan untuk sekali waktu beranjak dari bangku untuk bergerakKetika terlalu banyak duduk, sempatkan untuk sekali waktu beranjak dari bangku untuk bergerak Foto: Thinkstock





Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait