News, Hiburan

Bunga Jelitha Wakili Indonesia di Miss Universe Pakai Kostum Orangutan

| Sabtu 04 Nov 2017 11:21 WIB | 2251




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Bunga Jelitha Ibrani akan mewakili Indonesia di Miss Universe 2017 akhir November ini. Membawa misi selamatkan hutan dan ekosistemnya, Bunga Jelitha bakal menjelma sebagai orang utan di kontes kecantikan internasional itu. 

Ya, kostum nasional bertema orang utan menjadi pilihan untuk dijagokan di Miss Universe 2017 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika.Desainer aksesori kondang Rinaldy A. Yunardi yang mendapat mandat untuk menciptakan kostum nasional perwakilan Indonesia di Miss Universe 2017. 

Dinamakan 'Warrior of Orang Utan', kostum nasional ini terbuat dari kertas daur ulang ramah lingkungan yang disulam sedemikan rupa hingga menyerupai anyaman rotan. Untuk siluet, desainer yang akrab disapa Yungyung itu terinspirasi oleh pakaian seorang prajurit. 

Yungyung juga menambah ornamen-ornamen berupa manik-manik khas Dayak, suku asli Kalimantan. Uniknya, terdapat wajah orang utan pada bagian belakang hiasan kepala kostum tersebut sehingga Bunga terlihat seperti orang utan dari tampak belakangnya. 

Perhiasan berupa gelang dan sepatu selutut menyimbolkan tameng dan kesiapan seorang kesatria untuk berjuang dan melindungi habitat orang utan dari kepunahan akibat ulah pihak yang tak bertanggung jawab. Waktu pembuatannya sendiri terbilang singkat. Hanya memakan waktu empat bulan. 

 


"Kostum ini penuh dengan pesan. Pertama, selamatkan orang utan, termasuk juga hutannya. Kedua, dari ornamen Dayak yang kental, mari kita kenalkan budaya Indonesia yang begitu kaya," ujar Yungyung saat jumpa pers keberangkatan Bunga, Jumat (3/11/2017).

Populasi orang utan kian menyusut tiap tahunnya. Organisasi lingkungan hidup World Wide Fund mencatat, habitat orangutan Borneo berkurang paling tidak sekitar 55 persen. 

Eksploitasi hutan, yang merupakan habitat orang utan, secara masif menjadi penyebabnya. Mulai dari aktivitas-aktivitas penebangan berskala besar, pembalakan liar, serta konversi hutan untuk pertanian. Kebakaran hutan yang disebabkan oleh fenomena iklim seperti badai El Nino semakin memperparah kondisi. 



Bagi Bunga, kostum ini sangat merefleksikan dirinya. "Kebetulan aku sangat cinta alam dan sangat concern pada isu kelestarian alam. Kostum ini sangat menyatu dengan jiwaku. Semoga aku bisa memberikan yang terbaik nanti," ungkap Bunga. 


Ini adalah kali pertamanya Yungyung mendapat kepercayaan dari pihak Yayasan Puteri Indonesia (YPI) untuk menciptakan kostum nasional Miss Universe. Sebelumnya, kostum nasional dirancang oleh Dynand Fariz dari Jember Fashion Carnaval selama lima tahun terakhir. 

"Kami masih kolaborasi dengan Mas Dinand, tapi untuk kontes lainnya. Kami hanya ingin melakukan penyesuaian dengan penilaian juri yang mengalami perubahan," kata Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri K. Wardani. 

Tiga tahun terakhir, lanjut Putri, karakteristik penilaian juri Miss Universe terhadap kostum nasional lebih condong lebih kepada cerita, nilai historis, dan keunikannya yang bisa menginspirasi. 

"Kalau dulu-dulu pemenangnya adalah kostum yang semacam karnaval. Sekarang, lebih diutamakan pada kisah di baliknya. Jadi kali ini kami mau look yang lebih simpel, tapi menarik dari makna dan pesan yang tersirat," ucap Putri.

Ia berharap, 'Warrior of Orang Utan' dapat merebut kembali gelar Best National Custome di Miss Universe 2017. Terakhir, Indonesia memenangkan gelar tersebut pada gelar Miss Universe 2014 berkat kostum Chronicles of Borobudur karya Dynand yang dipakai Elvira Devinamira.(www.detik.com/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait