Advetorial

Nurdin : Pulau Dompak ini Akan menjadi Objek Wisata Masyarakat

| Jumat 03 Nov 2017 11:37 WIB | 2654




MATAKEPRI.COM, Dompak - Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun ingin agar kawasan pulau Dompak selalu bersih, rapi,aman dan nyaman dikunjungi masyarakat. Hal ini ditegaskan Nurdin saat meninjau progres pembangunan kawasan Pulau Dompak, Kamis (2/11).

“Tujuan kita jelas, menjadikan Pulau Dompak sebagai kawasan Pusat Pemerintahan yang ramah dan ingin dikunjungi masyarakat yang bukan hanya datang mengurus administrasi saja tapi bisa menjadi tempat bersantai dan berekreasi tentunya dapat menjadi ikon dari ibu Kota Kepri,” ujar Nurdin.

Dalam peninjauannya Nurdin prihatin melihat sampah yang berserakan ditepi rawa yang berisikan pohon bakau dan aliran sungai menjadi kotor ditambah penengah jalan yang berisikan beberapa tanaman juga terlihat tidak terawat.

“Coba lihat itu, mana tanaman mana ilalang bercampur dan terlihat berantakan, tolong segera di rapikan lagi,” pesan Nurdin kepada Kepala Dinas PU Abu Bakar.

Selain sampah yang berserakan, Nurdin juga melihat ada beberapa bangunan liar serta beberapa pohon bakau yang mulai di tebangi, melihat hal itu Gubernur lagsung menginstruksikan pihak Satpol PP untuk segera menghubungi pihak terkait seperti Kepolisian serta Pemko Tanjungpinang agar berkoordinasi untuk menanggulangi masalah bangunan liar tersebut.

“Tolong dikondisikan bangunan liar ini, jangan sampai bertambah banyak karna dibiarkan malah akan merusak ekosistem yang ada disekitarnya,” ujar Nurdin saat melihat beberapa pohon bakau ditebangi.

Berlanjut di kawasan jembatan I Dompak yang dikatakan Kepala Dinas PU Abu Bakar tahap merenovasi masih terus berjalan dan bertahap akan di selesaikan Menara dan Gapura di pintu masuk jembatan, disebelahnya juga akan dibuat lahan parkir serta taman dan bangku di tepi-tepi jalan, selain itu setelah melewati jembatan I nantinya akan di plot khusus untuk para pedagang menajajakan jualannya agar tidak berserakan dan terfokus di 1 tempat saja.

Diakhir peninjauannya Gubernur Nurdin menyempatkan diri berinteraksi dengan beberapa pekerja, mereka mengeluhkan bahwa ada beberapa tanaman yang dicuri oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, mendengar hal tersebut Gubernur langsung menginstruksikan Pihak Satpol PP untuk melakukan penjagaan patroli keliling dengan rutin, menginstruksikan Dinas Energi dan Sumber daya mineral agar segera mengalirkan listrik untuk penerangan jalan serta kepada Biro Humas agar meletakan beberapa kamera CCTV dilokasi yang strategis.

“Pengawasan harus lebih ketat, bila perlu tiap malam rutin di awasi dan secara diam-diam agar bisa langsung di ciduk, nanti kita akan beri kamera cctv dilokasi yang strategis, kalau perlu nanti saya akan instruksikan kepada Sekda untuk dibuatkan UPTD Yang berfungsi untuk menjaga kemananan di Pulau Dompak ini,” tegas Nurdin.

Selain dari pihak Pemerintah itu sendiri, Nurdin juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama juga ikut dalam menjaga Pulau Dompak ini.

“Banyak yang bisa kita manfaatkan di Pulau Dompak ini menjadi Objek Wisata dengan Wisata Magrovenya, taman rekreasi untuk masyarakat. kemudian dibidang olahraga juga ada, nanti kita akan buat trek untuk balapan motor resmi jadi disinilah para pemuda dapat menunjukan kemampuannya bukan malah balapan liar yang tidak bermanfaat dan malah bisa mengancam nyawa, untuk itu Kepada seluruh masyarakat mari bersama menjaga apa yang sudah ada, tugas kami adalah untuk menjadikan lokasi ini lebih berdaya guna tentu tugas menjaganya menjadi kewajiban kita bersama,” tutup Nurdin (Humas Pemprov)



Share on Social Media