News, Hukum & Kriminal

Polda Metro Jaya Menggelar Operasi Zebra di 13 Titik Rawan

| Kamis 02 Nov 2017 14:07 WIB | 1114




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar razia lalu lintas akbar atau Operasi Zebra 2017 di seluruh wilayah DKI Jakarta. Operasi yang berlangsung pada 1-14 November 2017 ini untuk menindak pelanggaran lalu lintas yang biasa dilakukan oleh pengendara kendaraan bermotor.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Panggara mengatakan, terdapat 13 titik di Jakarta yang menjadi perhatian dalam operasi zebra karena sering terjadi kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas oleh para pengendara.

"Ada 13 titik rawan kecelakaan dan rawan pelanggaran di lima wilayah Jakarta. Tapi itu bukan saja yang menjadi perhatian kami di operasi zebra ini," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Kamis (2/11).


Titik-titik itu, yakni Jakarta Pusat di Jalan Kramat Raya dan Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Utara di Jalan RE Martadinata dan Jalan Perintis Kemerdekaan, serta di Jakarta Barat di Jalan Raya Daan Mogot dan Jalan S Parman. 

Selain itu daerah rawan kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas juga terjadi di Jakarta Timur khususnya di Jalan Raya Bekasi dan Jalan DI Panjaitan, serta di Jakarta Selatan tepatnya Jalan TB Simatupang, Jalan Lenteng Agung, dan Jalan Pangeran Antasari.

Halim mengatakan, pelanggaran lalu lintas tersebut paling banyak dilakukan oleh pengguna kendaraan roda dua. "Mayoritas motor ya (yang melanggar)," ucapnya. 

Pelanggaran yang dilakukan oleh pemotor tersebut biasanya melawan arus, menaikkan atau mengendarai motor di trotoar, dan tidak memiliki surat yang lengkap dalam berkendara. 

Halim mengatakan, tujuan dari operasi zebra ini untuk menindak pelanggar lalu lintas dan mengurangi kecelakaan lalu lintas. Namun, operasi ini bukan saja terfokus pada 13 titik rawan kecelakaan dan pelanggaran saja, tetapi juga wilayah lain.

"Meskipun ada tiga belas titik tersebut, tapi bukan itu saja yang kami jadikan sasaran operasi. Karena jika hanya di sana dan ramai petugas, pengendara dan pelanggar akan mencari jalan lain untuk menghindar," ujar dia.

Sejauh ini polisi mengerahkan 1.878 personel dibantu Dishub DKI dalam Operasi Zebra 2017. Mereka akan disiagakan di seluruh wilayah DKI Jakarta selama operasi berlangsung.(www.cnnindonesia.com/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait