News, Kesehatan, Pendidikan

Ada Beberapa Upaya Mengatasi Luka Bakar Akibat Terkena Kembang Api

| Jumat 27 Oct 2017 16:23 WIB | 2102




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Korban selamat dari ledakan pabrik kembang api di Kosambi, Kabupaten Tangerang, yang kini di rawat di rumah sakit terdekat mengalami luka bakar. Ledakan dahsyat yang terjadi pada Kamis, 26 Oktober 2017 sangat memilukan. Memicu warga sekitar segera berupaya menyelamatkan para pekerja dari lokasi pabrik.


Menilik luka bakar yang dialami korban selamat, ada beberapa upaya mengatasi luka bakar akibat terkena kembang api. Cara ini berfungsi juga sebagai pertolongan pertama untuk korban. Terlebih lagi bila luka bakar yang dialami korban dari percikan api kembang api, langsung menjalar ke kulit.

 

Dr. Fred Mullins dari Joseph M. Still Burn Center, Amerika Serikat, menyarankan, jika Anda mengalami luka bakar, sebaiknya tidak memasukkan area yang terbakar ke dalam es. Cara ini dinilai buruk untuk menyembuhkan luka bakar. Bagian kulit yang terbakar bisa berpotensi terkena kerusakan saraf dan radang dingin.

 

Anda juga akan mengalami mati rasa sampai titik jari atau tangan tidak merasakan respons gerakan lagi. Kondisi ini membuat luka bakar menjadi lebih parah, dilansir dari WRDW 12, Jumat (27/10/2017).

 

Dr Mullins menyarankan, segera menggunakan air dingin, baik air di ember atau dari botol. Alirkan air secara terus menerus sampai luka bakar terlihat mereda.(www.liputan6.com/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait