News, Kesehatan

'Cermin Senyum' Membuat Kita Merasa Lebih Bahagia

| Jumat 27 Oct 2017 15:33 WIB | 1313




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Tersenyum bukan hal mudah untuk para pasien kanker. Terutama ketika baru saja mendengar vonis dokter bahwa tubuh mereka mengidap penyakit itu. 

Bahkan, ada kalanya menatap cermin jadi rutinitas yang tiba-tiba berat dilakukan. 

Cerita-cerita inilah yang didapatkan Berk Ilhan, seorang perancang produk asal Turki, setelah berjam-jam mendengarkan kisah para penderita kanker. Dari perbincangan tersebut, Ilhan terinspirasi untuk membuat garis senyum para penderita itu mengembang.  

Ide ini terdengar sederhana, tapi Ilhan dengan sungguh-sungguh ingin membangkitkan semangat para penyandang kanker. 

"Ekspresi wajah kita mempengaruhi perasaan. Jika kita menarik otot wajah kita untuk tersenyum, otak kita berpikir bahwa sesuatu yang baik terjadi dan hasilnya kita merasa bahagia," kata Ilhan pada CNN (24/10).

Cermin buatan Ilhan sekilas tampak seperti tablet, dilengkapi kamera dan permukaan kacanya menggunaka bahan yang bisa berubah ketika dipicu oleh piranti lunak. Cermin canggih ini juga memiliki teknologi pengenal wajah. 

Ilhan menghabiskan waktu sekitar dua tahun untuk merancang dan mengembangkan cermin senyum ini. Sebelumnya, saat mengambil master di School of Visual Art, New York, ia membuat sebuah konsep portofolio berupa produk yang mampu meningkatkan kualitas hidup penyandang kanker, baik dalam level emosional dan sosial.

Ia menghabiskan berminggu-minggu untuk berdialog dengan para pasien kanker di rumah sakit-rumah sakit Turki, serta berdialog dengan dokter kanker dan organisasi masyarakat yang fokus pada penyandang kanker. 

"Saya mempelajari bahwa dukungan moral dan sosial adalah dua faktor penting yang dapat memberikan perubahan positif pada pasien kanker," katanya.

Cermin canggih yang juga disebut Smile Mirror ini untuk sementara hanya diproduksi secara terbatas. Harganya mahal antara US$2000 hingga US$3000 atau sekitar Rp 27juta sampai Rp 40juta. 

Namun, produk ini akan segera diluncurkan di Kickstarter, sebuah media pengumpul dana. 

Ilhan berharap dana yang terkumpul dari masyarakat bisa membantunya memproduksi cermin dalam jumlah banyak sehingga harga bisa ditekan hingga di bawah US$500. 

Ilhan ingin mendonasikan Smile Mirror pada rumah sakit.

"Siapapun dapat membelinya. Jika anda memberikannya pada seseorang, anda memberikan hadiah senyum pada mereka," ucapnya. (www.cnnindonesia.com/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait