News, Kesehatan, Pendidikan

Ternyata, Terlalu Banyak Minum Air Putih Dapat Menimbulkan Dampak Negatif

| Rabu 25 Oct 2017 13:05 WIB | 1900




MATAKEPRI.COM - Selama ini kita dianjurkan banyak minum air putih untuk menjaga kesehatan. Beberapa orang pun menganggap bahwa mengonsumsi cairan tersebut dalam jumlah besar berdampak positif bagi tubuh.

Ternyata, terlalu banyak minum air putih justru dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Bahkan, hal tersebut dapat berujung pada kematian.

Darah yang terlalu encer akibat banyak mengonsumsi air, akan menurunkan konsentrasi sodium dan elektrolit dalam tubuh. Karena sodium bertugas mengatur air di dalam sel, dan terlalu banyak minum air putih akan membuat sel tersebut bengkak.

Menurut seorang profesor sains di Oakland University, Dr Tamara Hew-Butler, sel otak akan membengkak hingga lebih dari 10 persen jika terlalu banyak minum air. Dalam kondisi itu, otak akan mencapai tengkorak dan kemungkinan akan mendorong batang otak sehingga bergeser dari tempat seharusnya.

Jumlah air putih yang harus diminum seseorang sangat bergantung pada tiap individu. Namun, ada beberapa indikasi yang memperlihatkan bahwa Anda sudah terlalu banyak minum air putih.

Berikut 7 ciri Anda sudah terlalu banyak minum air putih, yang Liputan6.com kutip dari Asia One, Selasa (24/10/2017):

 

1. Anda Mengisi Botol Minum Beberapa Kali dalam Sehari

Botol minum biasanya berisi sekitar 500 ml. Jika Anda mengisi botol tersebut lebih dari enam kali dalam sehari, kemungkinan besar Anda telah mengalami kelebihan cairan dalam tubuh atau overhidrasi.

2. Urine Berwarna Bening

Jika urine Anda hampir berwarna bening, hal tersebut merupakan tanda bagi Anda untuk mengurangi jumlah konsumsi air.

3. Sering Merasa Mual

Minum air lebih dari kebutuhan tubuh membuat ginjal bekerja lebih berat untuk mengeluarkan kelebihan air.

Cairan berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan sejumlah gejala, seperti mual, diare, atau dalam beberapa kasus dapat menyebabkan muntah.

4. Bangun Tengah Malam untuk Buang Air Kecil

Jika Anda sering mengalami hal tersebut, bisa jadi Anda terlalu mengonsumsi banyak air pada siang harinya. Buang air kecil pada malam hari juga mengakibatkan tidur kurang nyenyak.

 5. Sering Sakit Kepala

Jika Anda sering mengalami sakit kepala, ada kemungkinan bahwa Anda terlalu banyak mengonsumsi air putih.

Pasalnya, rendahnya sodium dalam darah menyebabkan sel membengkak. Hal itu dapat membuat ukuran otak membesar sehingga menyentuh tengkorak. Kondisi itu menimbulkan sensasi berdenyut yang menyakitkan.

6. Sering Mengalami Kram Otot

Elektrolit merupakan elemen penting bagi tubuh yang membuat otot berkontraksi saat olahraga. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi air, kadar elektrolit dalam darah akan turun dan bisa menyebabkan kram serta kejang otot.

7. Merasa Lelah

Minum terlalu banyak air membuat ginjal bekerja sangat keras. Sebab, energi yang digunakan oleh ginjal membuat seluruh tubuh merasa lelah.(liputan6/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait