Advetorial

Laut Tanjungpinang Diwarnai 47 Kapal Hias

| Selasa 24 Oct 2017 11:06 WIB | 2351




MATAKEPRI.COM, Kepri - Sedikitnya 47 kapal yang telah di dandani sedemikian rupa tampak berjalan beriringan memeriahkan kegiatan Festival Sungai Carang yang menjadi rangkaian acara Festival Bahari Kepri 2017.

Iring-iringan kapal hias ini dilombakan mengambil start di Sungai Carang dan finish di Gedung Daerah.

Di Gedung Daerah pemandangan bagus ini disaksikan langsung oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersama Sekda Provinsi Kepri Arif Fadilah, Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah serta sejumlah pejabat teras Provinsi Kepri lainnya, Jumat (20/10).

Festival ini diikuti oleh 47 kapal hias yang terdiri dari kelurahan, kecamatan, OPD Tanjungpinang dan Bintan dan dengan total hadiah yang diperebutkan Rp.60 juta dari 6 pemenang.

Sungai carang sendiri merupakan sumber kehidupan Kepri dizaman lampau dimana menjadi tapak dan jejak sejarah Melayu, festival sungai carang ini mengambil tema 'niaga' atau perdagangan dengan atraksi berupa parade kapal hias.

 

Sepanjang perjalanan arah Hulu Sungai kapal melintasi sejumlah area bersejarah seperti pulau Bayan, Tanjung Unggat, Kampung Bulang, Pelabuhan Batu Enam hingga situs Kota Rebah. Selesai menghulu kapal, kemudian menghilir kembali ke arah Pulau Penyengat dan berlanjut ke Teluk Dompak.

Sebelum kapal hias datang Gubernur ikut menari bersama masyarakat serta para penari komunitas Mak Dare dan juga para turis dari Lagoi yang menghadiri acara ini. Gubernur juga memainkan alat musik gambus bersama band tradisional Samara Projek Tanjungpinang.

Gubernur menyapa para turis fan masyarakat serta mengucapkan selamat menikmati acara Festival Bahari Kepri dan menghimbau kepada masyarakat agar meramaikan, mendukung, mendoakan agar acara Festival Bahari Kepri berjalan dengan lancar dan sukses.(Humas Pemprov)

 



Share on Social Media