News, Hiburan, Pendidikan

Berusia 4.000 Tahun, Patung ini Diduga peninggalan Dinasti VI Mesir Kuno

| Jumat 20 Oct 2017 14:10 WIB | 1931




MATAKEPRI.COM, Kairo - Sebuah patung dari kayu berbentuk kepala ditemukan oleh tim arkeolog Mesir. Diduga, patung berusia 4.000 tahun ini adalah peninggalan Dinasti VI Mesir Kuno.

Benda peninggalan sejarah tersebut ditemukan di Saqqara, sebuah pemakaman kuno yang berfungsi sebagai nekropolis di Memphis, ibu kota dari Mesir Kuno.

Dikutip dari laman UPI, Jumat 20 Oktober 2017, tim arkeolog percaya bahwa patung ini berkaitan dengan tokoh Ankhesenpepi II, ratu pada Dinasti VI Mesir. Rupa patung ini menyerupai sang ratu.

Patung itu memiliki leher yang ramping dan ada pahatan berbentuk giwang di bagian daun telinga.

"Patung kayu berbentuk kepala itu ditemukan pada lapisan sebelah timur piramida sang ratu, tak jauh dari area piramida yang baru ditemukan awal pekan ini," sebut Kementerian Kepurbakalaan Mesir.

Sebelum menemukan patung ini, tim arkeolog telah menemukan bagian atas dari sebuah obelisk yang diyakini juga milik Ankhesenpepi II.

Fragmen obelisk ini berukuran lebih dari delapan kaki dan merupakan artefak terbesar yang pernah ditemukan di kawasan Kerajaan Mesir Kuno.

Ratu Ankhesenpepi II adalah istri dari Firaun Pepi I dan merupakan ibu kandung dari Firaun Pepi II. Sesudah sang suami meninggal, Ankhesenpepi II menjadi ratu yang disegani kala itu.

Para tim arkeolog Mesir pun masih berusaha untuk menemukan berbagai rahasia Mesir Kuno yang tersimpan rapat di kawasan itu, atau yang berdekatan dengan piramida.(metrotvnews/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait