Bintan

Kenalkan Potensi Desa, 5 Negara, 8 Kabupaten/Kota dan 42 Tim Meriahkan Festival Layang-layang

Maman | Selasa 17 Oct 2017 16:26 WIB | 2303



Bupati Bintan saat di Kampung Keter Mansur, Kelurahan Tembeling, Kecamatan Teluk Bintan.


MATAKEPRI.COM,Bintan - Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bintan akan menggelar Festival Layang-layang di Kabupaten Bintan. Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bintan Makhfur Zurachman melalui Pelaksana Kegiatan Yoppi mengatakan bahwa Festival Layang-layang akan diselenggarakan selama 2 hari mulai dari tanggal 21 hingga 22 Oktober 2017. Dikatakannya juga bahwa peserta ada yang berasal dari Singapura, Malaysia, India, Swedia dan juga Thailand. Sedangkan peserta lokal ada yang berasal dari Surabaya, Jakarta, Solo, Yogyakarta, Kalimantan dan lain-lain.


"Nantinya tiap Negara akan  mengantarkan Perwakilan Exsebisinya  minimal 1 Tim yang terdiri dari 2 orang peserta. Selain itu, tercatat 42 Tim Lokal yang akan mengikuti Festival Layang-layang ini. Event ini diselenggarakan dengan mengacu pada peran serta dan kreativitas kepemudaan setempat. Beberapa jenis layangan dapat dilihat antara lain Layang-layang WOW, WOW Ekor Panjang, Naga, Rokoku, Stand Kite dan lain-lain " ujarnya saat dihubungi, Selasa pagi (17/10). 


Menanggapi hal tersebut, Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi diselenggarakannya Festival Layang-layang di Gurun Pasir, Desa Busung, Kec Sri Kuala Lobam tersebut. Menurutnya, Kegiatan Festival Layang-layang selain meningkatkan angka kunjungan wisatawan, nantinya diyakini sebagai  pemicu kreatifitas, inovasi pemuda dan masyarakat sekaligus ajang promosi potensi pariwisata di desa.


" Laporan terakhir, kenaikan persentase rata-rata perbulannya atas kunjungan wisman ke Kabupaten Bintan pada tahun 2017 ini mencapai 15,53 %. Kita harapkan Event Festival Layang-layang ini, selain meningkatkan angka kunjungan wisatawan, juga ikut membantu sektor ekonomi masyarakat desa dengan mengikutsertakan peranan pemuda dan   masyarakat sekitar, juga sekaligus mengenalkan, bahwa Kabupaten Bintan memiliki banyak potensi pariwisata di desa-desa dan salah satunya Gurun Pasir di Desa Busung Kec Sri Kuala Lobam " tutupnya.(bobi) 





Share on Social Media