Karimun

Tekan Angka Curanmor dan Lakalantas, Polres Karimun Gelar Razia Rutin

Maman | Sabtu 14 Oct 2017 09:43 WIB | 2920



Personil jajaran Satlantas Polres Karimun saat melakukan pengecekan dokumen kendaraan bermotor pada razia yang digelar,


MATAKEPRI.COM, Karimun - Untuk menekan angka kecelakaan berlalu lintas (Lakalantas) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di wilayah hukum Polres Karimun, Jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Karimun menggelar razia rutin, Jumat (13/10) di Halaman Mapolres Karimun.

Kasat Lantas Polres Karimun AKP Teuku Fazrial Kenedy SH S.I.K mengatakan bahwa razia rutin yang digelar tersebut, bertujuaan untuk melakukan penertiban kendaraan bermotor yang dinilai dalam waktu akhir-akhir ini, tingkat kecelakaan berlalu lintas, meningkat. Meskipun intensitasnya tidak tergolong fatal.

"Selain itu, penertiban itu juga bertujuan untuk mengantisipasi berkembangnya modus baru curanmor, yaitu peretelan," jelasnya.

Dikatakan, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karimun, untuk lebih waspada dalam mengantisipasi atau menjaga kendaraan bermotornya. Karena modus-modus baru seperti peretelan, saat ini sudah mulai berkembang dan bahkan akan sangat menghawatirkan.

Sehingga, apabila pengguna atau pengendara lengah, maka hal-hal yang dikhawatirkan tersebut, akan dapat merugikan masyarakat itu sendiri. Karena dikepulauan seperti Karimun ini, para pelaku curanmor tidak akan menjual kendaraan yang dicuri secara utuh, melainkan dipreteli.

"Setelah dicuri, belum tentu dijual dalam kondisi utuh, mereka akan mempretelinya terlebih dahulu, kemudian, sparepart-sparepartnya dijual keluar. Sehingga tidak akan terdeteksi lagi" tuturnya.

Untuk itu, lanjut Kenedy, sebelum hal itu terjadi dan sekaligus untuk mengantisipasi, pihaknya akan terus melaksanakan penertiban kendaraan bermotor dengan menggelar razia rutin. Disamping itu, dengan kegiatan itu dapat bermamfaat bagi masyarakat.

"Kita menghimbau kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas, lengkapi dokumen maupun perlengkapan kendaraan anda, utamakan keselamatan, jadilah pelopor keselamatan untuk kemanusian," pungkasnya. (Hasian).



Share on Social Media