News, Kesehatan

Berikut Ini 5 Kebiasaan Jorok yang Buat Kamu Gampang Sakit

| Senin 09 Oct 2017 14:22 WIB | 1446




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Kesehatan diperoleh dari gaya hidup yang sehat. Mulai dari pola makan, gaya hidup, sampai kebiasaan-kebiasaan kecil bisa jadi penentunya. Nah, tanpa sadar kebiasaan kecil ini yang luput dari perhatian. Padahal jika dilakukan juga bisa berdampak bagi kesehatan lho.

Hayo, adakah kebiasaan berikut yang sering kamu lakukan? Mulai sekarang sebisa mungkin dihindari ya. Dikutip dari Body and Soul, Senin (9/10/2017), ini dia di antaranya.

1. Main ponsel di toilet

Sering sekali ditemui fenomena orang yang pergi ke toilet membawa perangkatnya. Padahal, seperti diketahui, toilet sendiri merupakan sarang kuman. Dr Paul Matewele mikrobiologis dari London Metropolitan University menuturkan mulai dari tempat duduk, pegangan, wastafel dan keran di toilet kerap diselimuti bakteri seperti E. coli.

"E.coli dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan penyakit usus, yang dapat menyebabkan infeksi pernapasan yang menular," jelas Dr Metewele.


2. Jarang membersihkan tas

"Tas dan dompet sering diuji secara positif untuk segala jenis kuman dan bakteri, termasuk norovirus, MRSA serta E. coli," kata Dr Metewele. Hal ini disebabkan karena segala jenis barang mulai dari uang atau kartu ATM meninggalkan nutrisi mikroskopis yang dapat dimakan bakteri. Hmm apalagi jika kamu malas membersihkannya?

Selain itu, pastikan untuk tidak meletakan tas di tempat kotor ya seperti misalnya di lantai toilet.

3. Tidak mencuci tangan setelah memegang remote

Setidaknya, meskipun tidak mencuci tangan, gunakan hand sanitizer untuk membersihkan diri dari hinggapan bakteri yang berasal dari remote. University of Virginia mempelajari virus flu yang ada di rumah dan menunjukkan bahwa remote control adalah salah satu yang paling banyak terinfeksi.

4. Menggunakan alas kaki hingga ke dalam rumah

Mulai sekarang, jika kamu mengenal seseorang yang sering masuk rumahmu menggunakan alas kaki, minta mereka untuk membukanya terlebih dahulu di depan pintu. Sebuah studi di University of Houston menemukan bahwa 39,7 persen sepatu yang mereka uji membawa C. diff yaitu bakteri yang menyebabkan diare bahkan infeksi parah.

5. Malas mengganti spons cuci piring

Idealnya, ganti spons cuci piringmu sebulan sekali. Dari sana, ditemukan banyaknya bakteri yang tersangkut dan menyebabkan berbagai masalah penyakit salah satunya campylobacter yang berasal dari unggas dan dapat menyebabkan kelumpuhan pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.(detikhealth/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait