News, Ekonomi

Masih Amatir dalam Mengelola Keuangan dengan Baik? Ini Tipsnya!!

| Senin 09 Oct 2017 11:51 WIB | 1049




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Liburan tentu saja adalah momen yang menyenangkan karena Anda bisa melepas kepenatan sehari-hari dan menikmati waktu santai bersama orang-orang terdekat. Usai liburan, bukan berarti tidak ada masalah, terutama bagi Anda yang masih amatir dalam mengelola keuangan dengan baik.

Sering kali orang-orang akan mengalami kondisi di mana uang habis dan tak bersisa setelah berlibur. Akibatnya, kondisi keuangan memburuk dan memicu terjadinya utang.

Tentu saja Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan? Untuk itu, Anda bisa mencoba tips berikut ini untuk mengembalikan keuangan seperti sediakala, seperti mengutip [cermati.com](https://www.cermati.com/ ""), Senin (9/10/2017):

1. Lacak dan Hitung Uang yang Keluar

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencatat segala pengeluaran yang dilakukan selama berlibur. Setelah itu, bandingkan pengeluaran tersebut dengan anggaran yang sudah dibuat sebelumnya. Jika ternyata pengeluaran Anda melebihi anggaran yang sudah dibuat, mau tidak mau Anda harus menggunakan alokasi dana untuk kebutuhan lainnya.

Konsekuensinya, Anda harus melakukan penghematan. Bila ternyata malah ada sisa, gunakan saja untuk sesuatu yang lebih produktif. Cara ini akan efektif untuk mengontrol keuangan Anda.

2. Rencanakan Berapa Besar Pengeluaran Nanti

Perkiraan pengeluaran ini bisa membantu untuk menentukan berapa banyak sisa uang Anda. Apakah cukup atau tidak untuk membiayai segala kebutuhan yang belum terpenuhi.

Jangan sampai karena Anda tidak memperkirakan biaya pengeluaran yang dimiliki selanjutnya, membuat Anda terpaksa menggunakan uang tabungan.

Bahkan, yang terparah bisa membuat Anda terpaksa berutang untuk memenuhi kebutuhan. Untuk itu, pentingnya membuat perkiraan pengeluaran yang dibutuhkan setelah berlibur.

3. Minimalkan Pengeluaran

MATAKEPRI.COM, Jakarta - Setelah memperkirakan pengeluaran yang akan Anda keluarkan selanjutnya, langkah selanjutnya yang harus Anda dilakukan adalah meminimalkan pengeluaran-pengeluaran tersebut.

Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan cara mengurangi jumlah barang yang dibeli dari bulan sebelumnya. Atau Anda juga bisa mencari toko atau market yang menjual dengan harga yang lebih murah daripada yang bisa dibeli.

4. Pastikan Tabungan dan Investasi Tetap Aman

Tabungan dan investasi sangat berguna ketika Anda mengalami kesulitan keuangan saat melihat nominal rekening harian mulai menipis karena liburan.

Cobalah untuk memeriksa nilai tabungan dan investasi yang Anda miliki setelah liburan. Apakah tetap aman sekalipun diambil sedikit untuk memenuhi sejumlah kebutuhan.


5. Ingat, Utang Pasca Liburan Harus Segera Lunas

Sebenarnya, bukanlah hal yang tepat jika Anda berutang untuk menutupi pengeluaran liburan. Namun, kalau Anda terpaksa melakukannya, akan lebih baik segera menyelesaikan utang-utang yang dimiliki.

Entah dalam bentuk KTA, kartu kredit, utang kepada teman, atau lainnya selesai berlibur. Jangan sampai utang-utang tersebut menumpuk yang malah membuat Anda kesulitan membayarnya di kemudian hari.

6. Jangan Ada Lagi Sisa Utang Kartu Kredit yang Terpakai Waktu Berlibur

Bagi Anda yang menggunakan kartu kredit selama berlibur, akan lebih baik kalau segera melunasi sisa-sisa utang kartu kredit yang ada. Banyak orang yang menggunakan fasilitas kartu kredit untuk mendapatkan promo atau diskon penginapan dan tiket.

Kebiasaan orang-orang saat ini sering menunda pembayaran kartu kredit dan menunggu setelah ada tagihan baru di bulan berikutnya. Namun kenyataannya, bulan depan tentu ada pengeluaran lainnya yang harus Anda penuhi. Untuk itu, khusus pengeluaran liburan, harus segera Anda lunasi agar tidak menumpuk utang-utang lainnya.

7. Tutupi Celah-Celah Akibat Kurangnya Dana

Apabila ternyata mengalami kekurangan dana, Anda harus mengatur strategi untuk mengatasi kekurangan dana tersebut minimal hingga mendapatkan gaji pada bulan berikutnya. Coba untuk mengecek tabungan dan investasi yang Anda miliki. Kalau memiliki dana darurat, Anda bisa menggunakan uang tersebut sementara. Jika tidak, jangan menggunakan tabungan Anda terlebih dahulu. Cobalah untuk memotong ataupun menghemat pengeluaran Anda.

8. Manfaatkan Promo atau Diskon 

Anda bisa mencari informasi sebanyak mungkin mengenai promo atau diskon yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari. Cobalah temukan tempat perbelanjaan yang menyediakan promo dan diskon yang dapat membantu Anda menghemat pengeluaran. Dengan begitu, Anda bisa menekan pengeluaran tanpa harus mengurangi jumlah kebutuhan Anda.

9. Rancanglah Liburan yang Sesuai dengan Budget

Agar tidak mengalami kondisi keuangan yang memburuk setelah berlibur, cobalah untuk merancang liburan yang sesuai dengan kemampuan dan budget yang Anda miliki. Liburan yang menyenangkan tak perlu mewah dan high class. Yang terpenting Anda bisa menikmati momen menyenangkan di dalamnya.(liputan6/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait