News, Kesehatan

Cegah Serangan Jantung dan Stroke dengan Pisang dan Alpukat

| Sabtu 07 Oct 2017 12:30 WIB | 1531




MATAKEPRI.COM, JakartaCegah serangan jantung dan stroke bisa dilakukan dengan makan makanan sehat. Menurut studi terbaru, ini cukup dengan tambahkan pisang dan alpukat setiap hari. Mengapa pisang dan alpukat?

Pisang dan alpukat sama-sama mengandung kalium atau potassium. Makanan kaya kalium seperti ini dapat menghentikan penyumbatan fatal dengan mencegah pengerasan arteri, kata penelitian tersebut.

"Temuan ini menunjukkan manfaat suplementasi potassium yang memadai untuk pencegahan pengerasan pembuluh darah," kata penulis studi Dr Paul Sanders dari University of Alabama, Birmingham, dilansir dari Dailymail, Jumat (6/10/2017).

Para peneliti menemukan kesimpulan tersebut setelah menganalisis tikus yang berisiko terkena penyakit jantung saat diberi diet tinggi lemak. Tikus diberi potassium dalam kadar yang berbeda, dari rendah, normal, hingga tinggi.

Dari percobaan tersebut, arteri menjadi keras saat diberi diet rendah potassium. Sementara, hewan yang diberi potassium tinggi mengalami sedikit pengerasan arteri. Aorta, yaitu arteri utama tubuh, tikus yang diberi makanan kaya potassium juga ditemukan lebih fleksibel.

Hal ini diduga karena kadar potassium yang rendah dalam darah yang mencegah ekspresi gen yang menjaga fleksibilitas arteri, menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Investigation Insight.

"Temuan ini memiliki potensi yang penting karena mereka menunjukkan manfaat suplementasi potassium yang memadai untuk pencegahan kalsifikasi vaskular pada tikus rawan aterosklerosis dan efek buruk dari asupan rendah kalium," kata Dr Sanders.(detikhealth/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait