News, Kesehatan

Risiko Penyakit Jantung Mengintai Jika Anda Jarang Sarapan

| Selasa 03 Oct 2017 12:08 WIB | 1290




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Mumpung masih pagi, sempatkan diri menyantap setangkup roti atau apapun untuk sarapan. Penelitian terbaru membuktikan bahwa tidak sarapan bisa membahayakan jantung.

Penelitian yang dimuat di Journal of the American College of Cardiology tersebut menulis bahwa kebiasaan tidak sarapan bisa meningkatkan risiko atherosclerosis atau pengerasan dan penyempitan pembuluh darah. Ini adalah salah satu faktor risiko utama serangan jantung.

Selain itu, tidak sarapan juga berkaitan erat dengan kebiasaan tidak sehat lainnya. Seperti pola makan yang buruk, kebiasaan merokok, dan berlebihan minum alkohol. Demikian menurut sang peneliti, Prof Jose Penalvo dari Tuft University di Boston, seperti dikutip dari Livescience.

Di sisi lain, asupan kalori di pagi hari membuat kadar gula darah lebih terkontrol sepanjang hari. Karena kadar gula darah berhubungan juga dengan sinyal rasa lapar, maka secara tidak langsung sarapan juga sangat menentukan pola makan.

Dalam penelitian ini, Prof Penalvo membandingkan 3 kelompok partisipan yakni kelompok yang tidak sarapan, kelompok yang sarapan dengan kalori minimal seperti hanya minum teh atau kopi, dan kelompok yang sarapan dengan kalori yang cukup.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kelompok yang tidak sarapan punya risiko atherosclerosis lebi tinggi 1,5 kali lipat dibanding kelompok yang sarapan cukup. Kelompok ini juga lebih rentan mengalami kegemukan.(detikhealth/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait