News, Kesehatan

Tips Cuci Tangan yang Benar Sambil Nyanyi "Happy Birthday"

| Sabtu 30 Sep 2017 10:45 WIB | 1421




MATAKEPRI.COM - Tahukah Anda jika mencuci tangan dengan benar membutuhkan waktu 20 detik? Hal itu sama dengan waktu yang dibutuhkan untuk menyanyikan lagu "Happy Birthday" sebanyak dua kali.

Royal Pharmaceutical Society (RPS) khawatir bahwa adanya superbugs -- jenis bakteri berbahaya yang resisten terhadap antibiotik -- karena orang-orang gagal membunuh kuman dengan benar.

Menurut badan tersebut, jika setiap orang memperhatikan kebersihan, maka mereka kemungkinan besar tak akan jatuh sakit akibat sakit perut dan infeksi dada. Hal tersebut membuat orang lebih tak bergantung pada antibiotik.

Berdasarkan laporan RPS, sepertiga kasus diare dan seperenam infeksi saluran pernapasan dapat dicegah melalui cuci tangan yang baik.

Namun, 84 persen dari kita tak mencuci tangan selama 20 detik. Hampir dua pertiga tidak selalu mencuci tangan, dan setengahnya tidak mencucinya setelah menyentuh binatang.

Sementara itu, sepertiga dari mereka tak mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan, dan seperlimanya tak selalu mencuci tangan setelah keluar dari toilet.

"Kita tak sering mencuci tangan dengan waktu yang cukup untuk menyingkirkan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit," ujar Presiden RPS, Ash Soni, seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (30/9/2017).

"Bahkan ketika kita tak terdampak dari kuman yang kita bawa, jika kita tak mencuci tangan kita bisa menularkan infeksi yang kemudian menjadi masalah nyata bagi mereka yang lebih rentan, seperti anak-anak dan lansia, yang kemungkinan mereka membutuhkan antibiotik yang diresepkan," imbuh Soni.

Penggunaan antibiotik yang tinggi membuat bakteri menjadi resisten. Kasus tersebut pun pada saat ini makin meningkat.(liputan6/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait