News, Kesehatan

Ngeluh Karena Mata Lelah di Depan Komputer? Ini Cara Mengatasinya!!!

| Sabtu 23 Sep 2017 12:30 WIB | 1598




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Dengan banyaknya orang yang menggunakan komputer untuk bekerja, mata lelah, tegang, atau kaku sudah menjadi keluhan yang sangat umum. Studi menunjukkan, mata tegang dan gangguan penglihatan lainnya dialami oleh 50-90 pekerja yang menggunakan komputer.

Berikut lima cara untuk mengurangi beberapa keluhan yang disebabkan oleh computer vision syndrome(sindrom penglihatan komputer - CVS), melansir All About Visions, Jumat (22/9/2017).

1. Lakukan cek mata secara menyeluruh

Melakukan pengecekan mata secara rutin adalah salah satu langkah penting yang perlu dilakukan untuk mencegah atau mengatasi CVS.

Menurut National Institute of Occupational Safety and Health, pengguna komputer seharusnya melakukan pengecekan mata sebelum mereka mulai bekerja menggunakan komputer dan satu tahun setelahnya.

Saat pengecekan, pastikan Anda menyampaikan pada dokter seberapa sering Anda menggunakan komputer di kantor atau di rumah. Ukur seberapa jauh mata dari layar komputer ketika Anda duduk, dan bawa ukuran ini saat melakukan pengecekan mata.

2. Gunakan cahaya secukupnya

Mata tegang biasanya juga disebabkan cahaya yang sangat terang dari sinar matahari yang masuk dari jendela atau lampu dalam ruangan yang sangat terang. Ketika Anda menggunakan komputer, cahayanya seharusnya 50 persen lebih gelap dibanding kebanyakan cahaya kantor.

Kurangi cahaya yang datang dari luar dengan cara menutup gorden. Kurangi cahaya lampu dengan mengurangi lebih sedikit bola lampu. Jika memungkinkan, posisikan layar komputer sehingga jendela berada di samping, bukan di depan atau belakang Anda.

3. Mengedip lebih sering

Salah satu penyebab mata lelah adalah karena kurang berkedip. Mengedip sangatlah penting ketika Anda bekerja di depan komputer. Berkedip akan melembapkan mata dan mencegah mata kering atau iritasi.


4. Latih mata anda


Penyebab lain dari mata tegang adalah karena terus fokus. Untuk mengurangi kelelahan pada mata akibat terus-menerus fokus pada layar, alihkan pandangan dari layar selama setidaknya 20 menit. Cobalah juga melihat ke objek yang berada jauh dari Anda (setidaknya 6 meter) selama sekurangnya 20 detik.

Latihan lain adalah untuk melihat objek yang jauh selama 10-15 detik, lalu lihat sesuatu yang ada di dekat Anda. Lalu lihat kembali objek yang jauh. Lakukan hal ini sampai 10 kali.

5. Rehat lebih sering

Untuk mengurangi risiko CVS dan nyeri pada leher, bahu, dan punggung, ambillah rehat lebih sering saat Anda bekerja di depan komputer. Kebanyakan pekerja hanya mengambil rehat dua kali selama 15 menit sepanjang seharian mereka bekerja di depan komputer.

Tenang saja, rehat tambahan ini tidak akan mengurangi produktivitas Anda. Justru, rehat akan membuat Anda bekerja lebih produktif. Saat rehat, berdirilah, bergerak, renggangkan tubuh, tangan, kaki, leher, dan bahu untuk mengurangi ketegangannya.(liputan 6/***)




Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait