News, Ekonomi

Pasar : "Harga Bawang Merah Naik Harga Cabai Turun"

| Jumat 08 Sep 2017 12:37 WIB | 999




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Harga bahan pangan di pasar tradisional terpantau mengalami penurunan. Namun, memang ada juga beberapa bahan pangan yang naik tetapi tidak terlalu besar.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jumat (8/9/2017), di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, harga berbagai jenis cabai mengalami penurunan tipis. Cabai rawit merah dijual dengan harga Rp 30 ribu per kilogram (kg) dan cabai rawit hijau Rp 25 ribu per kg. Harga tersebut turun Rp 1.000 per kg jika dibandingkan awal pekan ini.

"Untuk cabai ini sudah lumayan lama tidak naik turun tinggi. Bagus ini, jadi kita juga tidak sepi, masyarakat juga bisa beli," ujar salah satu pedagang, Heryati (45).

Sementara untuk cabai merah keriting, mengalami penurunan dari sebelumnya Rp 24 ribu per kg kini dijual dengan harga Rp 20 ribu per kg. Untuk cabai merah besar, pedagang tetap menjual dengan harga Rp 28 ribu per kg.

Sedikit ada kenaikan justru terjadi di komoditas bawang merah. Bawang merah di Pasar Mampang mengalami kenaikan Rp 2.000 per kg menjadi Rp 28 ribu per kg.

"Naik tapi kalau dibandingkan bulan kemarin, ini harganya masih di bawah, masih terjangkau," kata pedagang lainnya, rahayu (40).

Sementara untuk bawang putih harganya tidak berubah yaitu Rp 25 ribu per kg, kentang Rp 17 ribu per kg dan tomat Rp 12 ribu per kg.

Untuk jenis sembako, nampak untuk beras kualitas medium dijual dengan harga Rp 10 ribu per kg dan kualitas premium dijual dengan harga Rp 12 ribu per kg.

Sedangkan untuk minyak goreng curah, per hari ini dibanderol Rp 13 ribu per kg, gula pasir Rp 14 ribu per kg dan tepung terigu 8.000 per kg.

Daging sapi di Pasar Mampang masih bertengger di harga Rp 120 ribu per kg, turun Rp 2.000 dibanding dua minggu lalu. Penurunan juga terjadi di daging ayam, turun Rp 1.000 menjadi Rp 35 ribu per ekor.***




Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait