News, Pendidikan

Belajar dari Negara Ini, Indonesia Bakalan Maju???

| Kamis 07 Sep 2017 13:00 WIB | 1414




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Gelaran ASEAN Marketing Summit yang diselenggarakan Kamis (7/9) ini harus dimanfaatkan dengan baik. Terutama bagi para perusahaan Indonesia yang saat ini diwakili oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Acara yang mengangkat "Kesempatan Baru dari Asia Timur" ini perlu dijadikan sebagai pelajaran untuk perusahaan Indonesia semakin berkembang. Hal tersebut disampaikan Hermawan Kartajaya Ketua Markplus Inc, sebuah konsultan marketing lokal bertaraf internasional yang juga sebagai penyelenggara acara di Hotel Raffles, Jakarta, Kamis (7/9).

"Di sini ada kesempatan untuk memulai linkage antara perusahaan-perusahaan Indonesia yang diwakili BUMN dengan perusahaan-perusahaan Jepang, Cina, Korea," katanya.

Sebab, perusahaan dari tiga negara Asia Timur tersebut memiliki catatan baik. Selain memberi nilai investasi yang cukup besar, perusahaan dengan catatan bersih ini juga membuka peluang besar bagi tenaga kerja. Ketiga negara akan melakukan sesi berbagi kepada para peserta untuk membuka pemahaman lebih besar terkait perekonomian ASEAN. 

Menurut Hermawan sedikitnya ada tiga hal yang bisa didapatkan oleh para pemasar di ASEAN, khususnya Indonesia yakni, menjadi mitra investasi bagi negara plus three karena investor dari Jepang, Cina dan Korea Selatan tersebut membutuhkan pengetahuan lokal tentang Indonesia yang belum tentu mereka pahami dengan baik.

"Bukan hanya karena uang tapi kita belajar beeupa teknologi, manajerial dan kita bisa gunakan chanel seperti Alibaba yang bisa kita manfaatkan bagi UMKM," ujar dia.

Seperti yang dilansir oleh republika, Untuk urusan pemasaran produk maupun jasa, banyak perusahaan asing menggandeng mitra lokal. Bagaimana pun juga, kata dia, pemasar Indonesia adalah yang paling memahami secara mendalam mengenai pasar Indonesia yang pada kenyataannya sangatlah heterogen. 

ASEAN Marketing Summit ketiga yang digelar kali ini dinilai spesial karena bertepatan dengan peringatan ke-5O berdirinya organisasi ASEAN, sekaligus bertepatan dengan peringatan ke-20 tahun ASEAN Plus Three. ASEAN plus three merupakan bentuk kerjasama ASEAN dengan negara Jepang, Cina dan Korea Selatan.***



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait