News, Kesehatan

Minum Air Kelapa Saat Perut Kosong, Ini Manfaatnya

| Selasa 15 Aug 2017 10:33 WIB | 3031




MATAKEPRI.COM,  Jakarta – Kelapa muda yang termasuk golongan buah ini memiliki banyak sekali penggemar. Saat ini jenis buah tersebut sangat banyak diminati sangat banyak orang. Bahkan sekarang daerah-daerah penghasil buah tersebut kurang mampu memenuhi kebutuhan akan buah ini. Air kelapa memang sudah tidak diragukan lagi menjadi sebuah minumah yang sangat menyegarkan dan sangat menyegarkan saat kita minum. Banyak orang yang percaya bahwa minuman ini memberikan manfaat kesehatan yang melimpah karena tinggi zat antioksidan, asam amino, enzim, vitamin B kompleks, vitamin C, dan beberapa mineral seperti zat besi, kalsium, potasium, magnesium, mangan dan seng. 

Zat yang terkandung dalam air dan buah kelapa muda sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan air kelapa muda hijau dipercaya bisa menjadi penawarracun yang masuk dalam tubuh. Selain itu juga ada jenis kepala muda yang lebih sepesial lagi yaitu jenis kelapa muda wulung. Kelapa muda wulung sangat banyak diminati orang. Sebab dipercaya kandungan nutrisinya lebih besar dibanding dengan jenis yang lain. 

Seperti yang dilansir oleh liputan 6, Sifat dingin dan menyegaran pada air kelapa muda memunculkan mitos bahwa air kelapa muda tidak boleh diminum ketika perut kita sedang kosong. Mungkin hal tersebut dapat menkhawatirkan perut akan sakit karena sedikit rasa asam yang terkandugn didalamnya. 
Image result for air kelapa
Namun menurut sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky.com, mitos tersebut tidaklah benar. Penelitian tersebut membuktikan bahwa Air kelapa tetap bisa kamu minum meski perutmu kosong. Pnelitian tersebut menjelaskan bahwa cara ini akan memberikan lebih banyak kekuatan pada sistem kekebalan tubuh serta melindungi tubuh dari bakteri maupun mikroorganisme lainnya bukan sebaliknya.

Berdasarkan penelitian tersebut, berikut adalah beberapa manfaat minum air kelapa walaupun perutmu sedang kosong. 

  1. Minum air kelapa dipercaya mampu meredakan haus secara efektif. Sebab kandungan elektrolit di dalamnya akan mencukupi kebutuhan cairan tubuh yang hilang dengan baik.
  2.  Kandungan nutrisi yang beragam dalam air kelapa yang berupa vitamin C, potasium, dan magnesium di dalam air kelapa membantu mengendalikan kadar tekanan darah tinggi. Kalium akan menyeimbangkan efek negatif dari natrium dan membuat tekanan darah turun.
  3. Berbeda dengan kelapa yang sudah tua yang mengandung banyak lemak termaksuk santan yang sering menjadi permasalahan dalam kesehatan seseorang. Air kelapa bebas lemak dan kolesterol. Dengan demikian, minum air kelapa membantu menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  4. Minum air kelapa sangat ideal untuk menurunkan berat badan karena rendah kalori dan mudah dicerna. Kandungan enzim bioaktifnya akan meningkatkan sistem metabolisme lemak sehingga membantu membuat berat badan susut.
  5. Kamu bisa mengobati sakit kepalamu secara alami dengan minum air kelapa, terutama sakit kepala yang disebabkan karena dehidrasi.
  6. Sembelit yang sedang kamu derita juga bisa kamu obati secara alami dengan minum air kelapa.
  7. selain manfaat diatas ternyata memang air kelapa dapat dijadikan sebagai penetralisir racun. hal itu sudah dibuktikan banyak orang ketikan seseorang keracunan dan diberi air kelapa aka lebih cepat pulih.


Nah demikianlah penjelasan mengenai airkelapa yang kita minum walau perut sedang kosong. Penelitian tersebut mendapatkan kesimpulan bahwa air kelapa yang diminum dalam perut kosong tidak berpengaruh buruk bagi tubuh. Bahkan terdapat beberapa manfaat baik ketika seseorang minum air kelapa dalam keadaan perut kosong.
***



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait