Batam, News, Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi Kepulauan Riau Merosot Tajam

| Jumat 11 Aug 2017 16:25 WIB | 2592




MATAKEPRI. COM, Batam - Perkembangan perekonomian Kepulauan Riau melambat lebih dalam pada TRIWULAN II 2017 dikarenakan menurunnya investasi, net ekspor, dan konsumsi pemerintah, Kamis (10/8/2017).

Ini di karenakan investasi di tahun 2017 turun hingga - 2,20 % dari pada priode-priode sebelumnya, hal ini di karnakan menurunnya penjualan di kepri. 

Hal tersebut terungkap dalam jumpa pers Kepala Bank Indonesia Kepri,Gusti Raizal Eka Putra selaku Kepala cabang Bank Indonesia Kepulauan Riau, Kamis sore di Harmoni One Hotel.

Ia juga mengatakan perdagangan, kuartal 1 2016 sampai kuartal 2 2017 menunjukan pelemahan yang mencapai 6.96 % sedangkan kuartal 2 sebelumnya mencapai 9.77 %. 

Hal ini di karnakan lemahanya perdagangan masyarakat dan minimnya kunjungan turis yang berkunjung ke kepri.

Industri pengolahan kontraksinya meningkat, hal ini dapat di lihat pada kuartal 2 sebelumnya mencapai 7,66% Dan pada kuartal 2 2017 kini mencapai -4.32%, hal ini di karnakan harga minyak yang masih belum pulih selain itu banyak perusahan migas di kepri yang belum mendapatkan tender.

"Kinerja implasi kita meninggkat pada bulan puasa dan ramadhan dari pada priode - priode sebelumnya , dan Batam mendapatkan predikat pengendalian implasi terbaik se kepulauan riau yang memiliki rata-rata 5.80 % " ujar Gusti Raizal Eka Putra. 

Kami akan menghimbau kepada perbangkan agar tidak menahan kredit, karna bila kredit di tahan perekonomian juga akan melambat.

"Tantangan sampai akhir tahun agar penguatan program-program bersama pemerintah yang dapat meningkatkan nilai ekonomi Kepri," lanjutnya.

Selain itu bila pembangunan instratuktur bisa di percepat maka akan berdampak kemajuan perekonomian pada kepri karna instratuktur juga berdampak kepada perekonomian kepri.

"Semoga di kuartal 4 nanti ada perkembangan pertumbuhan perekonomian di kepulauan riau " tutupnya.(*)



Share on Social Media