News, Hiburan

Terbesar di Dunia Ini Ukuran Kapal Kargo yang Bikin Warga Inggris Melongo

| Jumat 11 Aug 2017 12:24 WIB | 2296




MATAKEPRI.COM, Suffolk - Warga Inggris yang tinggal di Pelabuhan Hutchinson, di Felixstowe, Suffolk, Inggris dibuat tercengang-cengang, Kamis (22/6/2017).

Hal ini karena untuk pertama kalinya mereka melihat sebuah kapal kargo raksasa sandar di pelabuhan tersebut.

Seperti yang dilansir oleh Tribunnews.com, Kapal itu juga sarat dengan muatan kontainer sehingga kehadiran kapal itu langsung membuat banyak orang tertarik untuk mengambil fotonya.

Ya, kapal bernama OOCL Hong Kong ini adalah kapal terbesar di dunia.

Bayangkan saja, panjangnya 400 meter dan lebarnya 58,8 meter atau kalau ditotal, luasnya sama dengan empat kali lapangan sepakbola.

Kapal kontainer ini memiliki berat 210.890 ton ini malayani jalur perdagangan Asia-Eropa sebagai bagian dari layanan LLL OOCL yang bermarkas di Hong Kong.

Seperti dilaporkan MailOnline, kapal ini sarat dengan mobil, suku cadang mobil, pakaian, sepatu dan barang-baranr elektronik dari Asia.

Kehadiran kapal ini juga disambut meriah di Pelabuhan Hutchinson dengan cara menyemprottkan air di sekeliling kapal sebagai ungkapan selamat datang.

Kapal yang berkapasitas 21.413 TEU ini dapat mengangkut 21 ribu kontainer 20 feet.

Kapal super ini dibuat di Korea Selatan oleh Samsung Heavy Industries.

Sebenarnya, kapal ini pernah ke Inggris, namun sudah sangat lama, yakni 17 tahun lalu.

Sejak krisis moneter melanda Asia, kemudian diikuti sejumlah krisis ekonomi, barulah untuk pertama kalinya kapal itu bersandar lagi di Inggris.

Pengamat menyebutkan bahwa kehadiran kapal ini menunjukkan mulai pulihnya sektor manufaktur.

Clemence Cheng, Chief Executive Officer Port Felixstowe dan Managing Director Hutchison Ports Europe, mengatakan, OOCL Hong Kong adalah armada terbaru dari jajaran kapal raksasa yang akan menghubungkan Pelabuhan Felixstowe dengan Asia.

“Lokasi pelabuhan yang dekat dengan jalur pelayaran utama dan pelabuhan Eropa Utara serta kombinasi jalan dan rel kereta api, membuat kapal ini menjadi pilihan pertama bagi transportasi dagang Asia-Eropa.

“Hubungan kami dengan OOCL akan berlanjut 40 tahun ke depan dan kami dengan senang hati menyambut mereka kembali ke Pelabuhan Felixstowe,” katanya.

Selain dengan OOCL, Ocean Alliance juga menjalin kerjasama dengan CMA CGM, Cosco Shipping dan Evergreen Line.

Richard Hew, Managing Director OOCL mengatakan, aliansi terbaru ini menawarkan 17 layanan di kawasan Asia-Eropa Utara, Mediterania, Laut Merah dan Timur Tengah, serta 23 layanan di perdagangan Amerika Utara.***



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait