Pariwisata

Arab Saudi garap Laut Merah jadi Destinasi Wisata mewah

| Rabu 02 Aug 2017 09:09 WIB | 2118




MATAKEPRI.COM - Kerajaan Arab Saudi akan mengubah 50 pulau dan beberapa kawasan di Laut Merah menjadi resor wisata mewah.

Rencana yang diumumkan di Riyadh, hari Selasa (01/08), tersebut merupakan bagian dari upaya Saudi menambah penerimaan negara dari luar minyak dan gas di tengah lesunya harga energi.

Wisata mewah ini mencakup area sepanjang 180 kilometer di pantai Saudi bagian barat, mulai dari Umm Lajj hingga Al-Wajh. Pendanaan proyek ini awalnya akan disediakan oleh Dana Investasi Publik (Public Investment Fund) sebelum pemerintah membuka pintu bagi para investor internasional, kata kantor berita resmi Saudi, SPA.

Konstruksi akan dimulai pada kuartal ketiga 2019 dengan memperluas bandara domestik dan membangun sejumlah hotel mewah, yang diharapkan selesai pada kuartal ketiga 2022.

Laut Merah


Pemerintah Saudi berharap makin banyak wisatawan domestik yang memilih berlibur di dalam negeri dengan menyediakan pusat-pusat rekreasi baru yang selesai dibangun sebelum 2020.

Tidak diketahui secara pasti jumlah wisatawan Saudi yang berlibur ke luar negeri, namun diperkirakan banyak di antaranya yang memilih Eropa atau kawasan Amerika Utara. Mereka antara lain dikenal banyak mengeluarkan uang ketika berada di negara-negara tersebut.

Menggenjot penerimaan dari sektor pariwisata adalah bagian dari Visi 2030 -yang dipimpin langsung oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman- yang memiliki tujuan utama mengurangi ketergantungan dari penerimaan minyak dan gas.(***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait