Lingga

Kondisi Taman Kanak-kanak di Desa Panuba yang Terabaikan dan Memprihatinkan

| Selasa 01 Aug 2017 13:45 WIB | 5012



Bangunan TK Harapan Kita di Desa Penuba


MATAKEPRI.COM, Lingga - Kondisi taman kanak kanak (TK) Harapan Kita di Desa Penuba, Kecamatan Selayar, mulai terabaikan dan seakan tidak terurus lagi.

pantauan matakepri.com kondisi yang memprihatinkan ini banyak terlihat dengan pelafon yang sudah mulai rusak pada bagian atap yang bocor.

Ahmad, tokoh Desa Penuba mengatakan TK tersebut berdiri sejak tahun 1960. Dengan tidak terjaganya sekolahan ini, sangat disayangkan. Kondisi yang terlihat sudah tidak memadai, baik dari segi fasilitas bermain maupun dari segi bangunan yang mulai rusak parah.

"Saya sempat merasakan  pendidikan di TK Harapan Kita. Waktu itu masih pembayaran menggunakan dolar dan fasilitas  begitu sangat memadai. Dan sekolah ini menjadi favorit," ujarnya, Senin (31/7/2017.

Sementara itu, Kepala Desa Penuba, Fi mengatakan kendala yang dihadapi dari sekolah ini adalah kurangnya tenaga pengajar serta minimnya anggran.

"Dalam waktu dekat pihak yayasan akan rapat untuk mebicarakan hal ini. Serta melengkapi tahapan administrasi yayasan meminta kepada pemerintah daerah yakni dinas pendidikan agar TK harapan kita yang bernaung di yayasan PKK ini untuk dijadikan sekolah negeri," ujarnya.

Menurutnya, untuk melengkapi fasilitas bermain anak-anak serta merehab bangunan itu, tidak mudah. Hal ini tidak mungkin direalisasikan jika anggaran tidak memadai.

Dijelaskannya, untuk tenaga pengajar yang masih bertahan cuma ada satu orang, itupun yang dari kalangan PNS. Untuk pengajar lainnya, sudah mengajukan permohonan mundur.

"Sangat perihatin dan terenyuh dengan kondisi TK ini. Tapi, desa juga punya keterbatasan untuk membantu," imbuhnya. (bran)



Share on Social Media