Batam

Lion Air Perluas Fasilitas Perawatan dan Perbaikan Pesawat di Batam

| Sabtu 08 Jul 2017 10:07 WIB | 2089




MATAKEPRI.COM, Batam - Lion Air Group menyelesaikan pematangan lahan guna memperluas fasilitas perawatan dan perbaikan pesawat (MRO/Maintenance Repair and Overhoul) di Kawasan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau.

"Lion Air Group segera memperluas MRO mereka dari empat hektare yang sudah beroperasi saat ini, menjadi 12 hektare. Pematangan lahan delapan hektare untuk perluasan itu sudah selesai," kata General Manager Operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso sebagaimana dilansir antara di Batam.

Pembangunan fasilitas industri penunjang penerbangan tersebut akan dimulai pada Oktober tahun ini.

"Informasinya Oktober ini akan mulai dibangun. Jadi mereka akan memiliki MRO seluas 12 hektare dari 28 hektare rencana pengembangan seluruh pusat perawatan perusahaan tersebut," kata dia.

Perluasan dilakukan ke sisi sebelah kiri dari bangunan MRO seluas 4 hektare yang sejak akhir 2014 sudah dioperasikan oleh Batam Aero Technic.

MRO seluas empat hektare tersebut kini mampu menampung 12 pesawat jenis Boeing 737NG. 

Dengan penambahan lahan menjadi 12 hektare, maka diharapkan akan dapat menampung hingga 36 unit pesawat seri yang sama.

"Dengan perluasan ini, Lion Air Group serius menjadikan Batam sebagai pusat perawatan pesawat khususnya yang beroperasi di Indonesia bagian barat. Semua akan dirawat dan diperbaiki di Batam," kata Suwarso.

Meskipun sudah ada sejumlah perusahaan yang berminat mengebangkan fasilitas serupa di Hang Nadim Batam, kata dia, namun hingga kini baru Lion Air Group yang mewujudkannya.

"Perusahaan lain yang sudah menyatakan ketertarikan di antaranya GMF (Garuda Indonesia Group), Sriwijaya Air dan Ilthabi. Namun baru Lion Air Group yang merealisasikannya," kata dia.

BP Kawasan Batam selaku pengelola Bandara Internasional Hang Nadim mengalokasikan lahan hingga 150 hektare untuk perusahaan yang ingin mengembangkan pusat perawatan pesawat di Batam.

Lahan tersebut berada pada sisi kanan dan kiri terminal penumpang. (*)



Share on Social Media