Batam

Tekan Penyelundupan, Bea Cukai Gelar Patroli Laut

| Kamis 04 May 2017 23:02 WIB | 3026




MATAKEPRI.COM, Batam - Bea Cukai melakukan operasi patroli laut Bea Cukai jaring Sriwijaya dalam menindaklanjutin instruksi Presiden RI dalam mengantisipasi tindak pidana penyeludupan dan Kepabeanan dan Cukai, Kamis (4/5/2017).

Direktorat Jendral Bea Cukai mengambil langkah stategis dalam pengawasan laut melalui giat patroli laut dan laut dengan berbagai macam skema wilayah barat indonesia operasi operasi patroli laut Jaring Sriwijaya.

"Sementara di wilayah Timur Indonesia dengan sandi operasi patroli laut dalam kerjasama bilateral (joint patrol) dengan Kastam Diraja Malaysia (Patkor Kastima) serta Patkor,"ungkap Harry Mulya Direktur Penyelidikan & Penindakan Bea Cukai Pusat. 

"DJBC membuka operasi wilayah barat indonesia dengan sandi operasi Jaring Sriwijaya 2017 yang mulai pada hari ini tanggal 4 mei 17 dan d rencanakan akan dilaksanakan dalam 3 tahap sampai akhir tahun 2017," ungkap Harry.

Bea cukai mengikut sertakan unsur kapal patroli berupa fast control boat(FPB) ukuran 60M, 38M,28M, VSV, Speed boat, berjumpa 17 kapal patroli melibatkan 250 personil di 5 sektor dimulai perairan aceh-belawan, Tg Balai Asahan-tg sinaboy, tg Parit-Batam, Tg pinang-Perairan sumatera bagian selatan dan sektor laut natuna hingga wilayah perairan kalimantan bagian barat .

Kemudian dikatakan bahwa tahun lalu  mendapatkan nilai penindakan sampai dengan 2,8T dan tahun ini sampai sekarang sudah mendapatkan nilai penindakan 1,3T mulai dari textil,tembakau, beras dan sebagainya sampai dengan elektronik.ungkap Harry mulya 

Dalam pembukaan ini dihadirin oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, Kapolresta Barelang AKBP Hengky, Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Fachry, Dandim 0316 Letkol Inf TNI Dwi Sasongko, Danlanal Batam Kolonel Ivong Wibowo.(*)




Share on Social Media