Tanjungpinang

Penjara di Tanjungpinang Sudah Penuh, ini Gara-garanya.!

| Rabu 03 May 2017 14:10 WIB | 3564

Polda Kepri
Hukum & Kriminal


Ilustrasi


MATAKEPRI.COM, Tanjungpinang - Rumah tahanan (Rutan) di Tanjungpinang sudah tak mampu lagi menampung warga baru. Hal ini seperti diakui Kepala Rutan Klas 1 Tanjungpinang Ronny Widiyatmoko. Menurutnya, saat ini rutan sudah tidak memugkinkan lagi menampung warga binaan baru. Pihaknya mengajukan permintaan lahan ke Pemko Tanjungpinang untuk pembangunan gedung rutan baru.

“Saat ini warga binaan di Rutan Kelas I Tanjugpinang ada 337 orang. Idealnya, hanya diisi 177 warga binaan saja,” kata Ronny di kantornya, baru-baru ini.

Informasinya, Pemko Tanjungpinang akan mengibahkan lahan 1 hektare di Sengarang untuk pembangunan gedung rutan baru. “Jika nanti jadi menempati gedung baru, gedung sekarang ini akan dijadikan museum,” kata Ronny.

Terpisah, Wakil Wali Kota Tanjungpinang Syahrul mengatakan, Pemko sedang mengusahakan lahan 1 hektare untuk pembangunan gedung rutan di Senggarang.

“Lokasinya masih dalam peninjauan. Kalau sudah dapat, langsung dihibahkan. Untuk pembangunannya kami serahkan ke pihak rutan,” ujar Syharul.

Menurut dia, gedung lama nantinya akan dipergunakan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dan lainnya. “Kami sudah bicarakan dengan Kepala Lapas dan Kanwil Kumham, mudah-mudahan tahun ini terwujud,” katanya.(*)



Share on Social Media