Batam

PT Amtek Engineering Diduga Alirkan Limbah B3 ke Selokan dan Mengalir ke Perumahan Warga

| Kamis 27 Apr 2017 09:35 WIB | 1199

Kesehatan
BP Batam
Lingkungan Hidup



MATAKPERI.COM, Batam - PT Amtek Engineering yang berada di kawasan Cammo Batam Centre diduga membuang limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) melalui pipa ke parit, Rabu (26/4).   

Dari pantauan awak media ini, limbah yang dibuang melalui pipa di parit tersebut berwarna kehijauan dan berbau bahan kimia.  Salah satu warga yang melihat limbah tersebut mengambil sample-nya untuk dibawa ke Bapedal demi penelitian lebih lanjut.  

"Ini limbah berbahaya, kalau masuk ke lingkungan masyarakat akan sangat berbahaya bagi kesehatan warga, udah itu lingkungan juga tercemar oleh limbah ini,"ujar salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya.  Menurutnya, setelah ia mengambil air limbah di parit PT Amtek tersebut, dia merasa tangannya panas.   

"Tadi kan waktu saya mengambil sampel air limbah itu, tangan saya juga masuk ke airnya, dan sekarang saya merasa tangan saya panas, berarti air ini kan sudah tidak beres lagi,"ungkapnya.   Lebih lanjut lagi, dia berpendapat jenis limbah ini adalah limbah cair dari Elektro Plating.  Limbah ini adalah limbah yang cukup berbahaya jika dibuang langsung ke badan air penerima seperti sungai, danau, dan laut.


Air limbah ini dapat mengakibatkan keracunan bagi biota air.     Air limbah industry electroplating dengan kandungan ion logam berat yang melebihi baku mutu air limbah diperlukan pengolahan terlebih dahulu sebelum dibuang ke badan air penerima.  Sedangkan air limbah dari PT Amtek ini dibuang sembarangan keselokan. 

"Ini tidak bisa dibiarkan, secepatnya kami akan melaporkannya ke Bapedal, kalau tidak, masyarakat juga nantinya yang akan menerima resikonya,"tutupnya. (mun)