News

6 trik mempertahankan sayuran tetap segar

| Sabtu 22 Apr 2017 11:15 WIB | 1388




MATAKEPRI.COM - Sering mendapati buah dan sayuran yang disimpan di dapur cepat busuk atau layu? Lakukan enam trik penyimpanan unik berikut agar makanan sehat tersebut tidak terbuang percuma.

Bawang dalam stoking
Jangan buang stoking bekas warna kulit milik Anda, karena bisa dipotong menjadi kantung penyimpanan bawang. Peredaran udara, cahaya, dan kelembaban sempurna di dalamnya akan membuat bawang dalam kondisi sempurna hingga enam bulan.

Simpan sisa buah dan sayur
Sisa lemon, tomat, buah, dan sayuran lain yang hanya dibutuhkan sebagian perlu disortir dan disimpan dengan cara benar. Kitchen Craft Food Huggers berupa wadah silikon aneka ukuran bisa membuat sisanya segar sampai Anda membutuhkannya lagi.

Rendam sayur dalam air
Sediakan wadah tertutup berisi air untuk merendam sayur kemudian masukkan dalam kulkas. Cara ini efektif membuat sayuran hijau yang belum akan diolah atau baru diproses sebagian bertahan sepekan lebih lama dari biasanya.

Sisipkan kepingan zat aktif
Buah dan sayuran mengeluarkan gas etilen yang menyebabkannya matang dan membusuk. Untuk memperlambat proses ini, ada kepingan khusus yang mengandung zat aktif, termasuk kalium permanganat, untuk memperpanjang masa segarnya sekitar tiga sampai tujuh hari.
 
Wadah filter karbon
Menyimpan buah di kulkas memang membuatnya bertahan cukup lama. Tapi, Anda bisa melipatgandakan masa bertahan itu dengan wadah buah dan sayuran plastik inovatif yang dilengkapi filter karbon pada bagian tutupnya.

Bungkus seledri dengan foil
Kertas alumunium foil bisa dipakai untuk membungkus seledri agar tetap segar dan renyah sampai dua pekan. Cara ini bekerja berkat kelembaban dan selubung rapat foil selama gas etilen menguar keluar dari seledri, dilansir dari laman Daily Mail.



Share on Social Media