Kesehatan

3 Manfaat Berpelukan , Ini dia !

| Rabu 19 Apr 2017 10:20 WIB | 2238




MATAKEPRI.COM - Kontak fisik yang terjadi ketika berpelukan tidak hanya terasa hangat dan menenangkan. Di dalam tubuh, berpelukan disebut-sebut mampu memicu berbagai reaksi yang menguntungkan bagi kesehatan.

Ketika berpelukan, terjadi perubahan hormonal di dalam tubuh. Dampaknya cukup luas, mulai dari level stres yang berkurang hingga tekanan darah yang menjadi lebih stabil. Bagi jantung, ini tentu menguntungkan.  Ini beberapa manfaat berpelukan seperti yang dilansir detik.com berikut ini :

1. Meredakan stres

Berpelukan bisa memicu pelepasan hormon dopamin dan oksitosin. Keduanya dikenal sebagai hormon bahagia. Sementara itu, sebuah penelitian di University of Wisconsin membuktikan bahwa pelukan bisa menurunkan kadar kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres.

2. Menurunkan tekanan darah

Peningkatan kadar oksitosin tidak hanya menenangkan secara psikologis. Bagi jantung, ini juga menguntungkan karena stres termasuk faktor risiko pada gangguan jantung. Sebuah penelitian di jurnal Biological Psychology juga mengkonfirmasi bahwa peningkatan hormon bahagia tersebut berhubungan dengan tekanan darah yang lebih rendah.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah penelitian tahun 2014 membuktikan bahwa orang-orang yang bebas bebas stres lebih terlindungi dari infeksi virus penyebab keluhan batuk pilek. Dukungan dari keluarga dan lingkungan sosial bisa mengurangi level stres, di antaranya lewat pelukan.




Share on Social Media