Batam

Suhu Batam Siang Hari ini Terasa Membakar, Fenomena Equinox?

| Selasa 18 Apr 2017 12:11 WIB | 3044

Lingkungan Hidup


Ilustrasi


MATAKEPRI.COM, Batam –  Suhu udara di kota Batam pada siang hari ini, Selasa (18/4) terasa sangat menyengat. Belum diketahui secara pasti apakah hal ini terkait dengan fenomena Equinox beberapa waktu lalu.

Equnox yang disebabkan peristiwa matahari melintasi garis khatulistiwa yang terjadi belum lama ini di mana suhu udara di Kepri termasuk negara tetangga, Malaysia dan Singapura, berangsur meningkat. Selain, itu peningkatan suhu udara di Kepri, juga dipengaruhi pancaroba yang mengakibatkan penumpukan masa uap air cukup tinggi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sangat kecil terjadinya hujan menjelang Equinox.

Prakirawan BMKG, Robby Akbar Anugerah, beberapa waktu lalu mengatakan peningkatan suhu udara menjelang fenomena Equinox , mengakibat peningkatan suhu udara tergolong panas. Yang mana suhu udara di puncak Equinox nanti akan berkisar antara 32-36 derajat celcius. “Cuaca tergolong cukup panas menjelang Equinox,” ujar Robby.

“Equinox merupakan fenomena astronomi dimana posisi matahari tepat berada di garis katulistiwa, atau dengan kata lain posisi matahari lebih dekat ke Bumi, tidak seperti biasanya. Tahun ini, Equinox sendiri akan terjadi dua kali,” jelasnya.

Meski Equinox bukan merupakan fenomena seperti Heat Wave yang terjadi di Afrika dan Timur tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama. Robby, mengimbau warga untuk tetap menjaga stamina dan sebisa mungkin mengurangi aktivitas kontak langsung dengan cahaya matahari.

“Masyarakat tak perlu panik. Tapi, tetap harus menjaga fisik karena suhu udara panas yang cenderung meningkat rentan menyebabkan dehidrasi. Masyarakat juga tidak perlu khawatir sebagaimana yang disebutkan dalam isu yang berkembang,” pungkasnya. (*)



Share on Social Media