News

Bandit Jalanan dibekuk Polisi saat Beraksi di angkot

| Senin 10 Apr 2017 09:19 WIB | 4475




MATAKEPRI.COM, Jakarta- Bandit jalanan atas nama Hermawan (28) nekat menyandera seorang ibu dan anak balitanya, ketika melakukan penodongan di atas angkutan kota (angkot) Koperasi Wahana Kalpika T25, di Jalan I Gusti Ngurah Rai, tepatnya di Trafiic Light Buaran, Jakarta Timur, semalam. Pelaku akhirnya ambruk setelah timah panas petugas menerjang tangan kanannya.

"Ya, pelaku ditembak tangannya oleh anggota," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, Senin (10/4).

Dikatakannya, peristiwa pencurian dengan pemberatan disertai penyanderaan itu terjadi sekitar pukul 19.00 WIB, Minggu (9/4) malam. "Peristiwa itu terjadi di dalam angkot KWK (KWK T25 jurusan Rawamangun-Pulogadung)," ungkapnya.

Ia menjelaskan, kronologi kejadian bermula ketika pelaku yang merupakan warga Purbowangi, Kebumen, Jawa Tengah, itu naik angkot sendirian. Di dalam angkot ada saksi Herawati yang duduk di kursi depan samping sopir, Risma Oktaviani dan korban Isnawati yang menggendong bayinya Dafa Ibnu di kursi belakang.

"Ketika angkot melaju, pelaku mengeluarkan senjata tajam (pisau) dan langsung menodongkannya ke korban. Selanjutnya, meminta handphone, kalung dan gelang korban," katanya, seperti yang dimuat di Beritasatu.com.

Argo menambahkan, sesampainya di Traffic Light Buaran, korban Isnawati berteriak minta tolong. Anggota Satlantas Jakarta Timur Aiptu Sunaryanto yang melintas langsung menghampiri angkot itu bersama warga.

Ketika Sunaryanto mendekati angkot, pelaku sedang menyandera korban dengan menodongkan pisau ke leher. "Saksi kemudian berusaha untuk melakukan negosiasi agar pelaku mengurungkan niatnya," jelasnya.

Namun, pelaku malah berteriak agar Sunaryanto diam saja dan meminta angkot jalan. "Bubar semua. Kalau mau mati, mati semua. Kalau gak mau ayo cepet majuin (mobil jalan). Pak tolong pak majuin. Cepat woi. Mau mati apa," begitu kata pelaku dalam rekaman video warga.

Melihat situasi sangat rawan, Sunaryanto serta warga terus melakukan negosiasi. Sementara, korban terlihat sangat syok dan hanya bisa diam saja.

"Anggota terus melakukan negosiasi sekitar setengah jam, menunggu pelaku lengah, lalu menembak pelaku di bagian lengan kanan. Kemudian, langsung membekuk pelaku dibantu masyarakat sekitar," terangnya.

Pasca-kejadian, pelaku sempat dibawa ke Rumah Sakit Polri Sukanto Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk mendapatkan perawatan luka tembaknya. "Selanjutnya, pelaku diamankan ke Polsek Duren Sawit untuk proses hukum lebih lanjut," tandasnya.(***)



Share on Social Media