Kesehatan

Berhitung laba bisnis khitanan di Rumah Sunat

| Sabtu 08 Apr 2017 09:45 WIB | 4839

Kesehatan



MATAKEPRI.COM - Khitan atau sunat bukan hanya kewajiban bagi para muslimin. Khitan terbukti sangat baik buat kesehatan. Walhasil, jasa khitan menjadi peluang usaha cukup menjanjikan. Kondisi ini juga yang mendorong Rumah Sunat dr. Mahdian menawarkan kemitraan.

Didirikan oleh dr. Mahdian Nur Nasution Sp.B.S. pada tahun 2006, Rumah Sunat berdiri sebagai pusat layanan khitan (circumcision center). Sebagai wujud pengembangan bisnis, dua tahun terakhir, Rumah Sunat mulai membuka peluang kemitraan. Saat ini ada 33 gerai Rumah Sunat yang tersebar di seluruh Indonesia.

Rumah Sunat menawarkan tiga paket investasi. Yakni, Paket Gold senilai Rp 60 juta, Paket Platinum Rp 100 juta dan Paket Diamond Rp 550 juta. Tersedia pula paket kemitraan lainnya yang nilai investasinya fleksibel.

Paket Gold dan Platinum  untuk mitra yang sudah punya klinik atau rumah sakit. Sementara Paket Diamond ditujukan bagi mereka yang ingin membangun rumah sunat dari awal. Bagi setiap mitra, berhak menggunakan brand, serta beberapa fasilitas lainnya, seperti Mahdian Circumcision System (aplikasi IT), aplikasi logistik terintegrasi, serta paket circumcision set.“Yang ditekankan pada setiap mitra yang pasti pelayanan yang mengutamakan pelanggan,” ujar Mahdian selaku owner Rumah Sunat.

Setiap Mitra diharuskan punya klinik/gerai yang sesuai standar. Selain luas klinik yang biasanya menempati ruko dua lantai, interiornyapun di desain nyaman layaknya di rumah sendiri.

Misal, ruang tindakan dibuat menyenangkan dengan tambahan wallpaper karakter anak. Khusus Paket Diamond ada space bermain anak. Ia juga menjelaskan, bahwa SDM yang dipekerjakan akan di-training. Tidak harus dokter spesialis, Rumah Sunat banyak merekrut dokter umum yang di-training untuk melakukan sunat dengan teknik klem.

Mahdian sendiri telah mulai menggunakan klem sejak 2004. Pada 2014, ia mulai memproduksi sendiri alat klem dengan brand Mahdian Klem.

Manajer Kemitraan Rumah Sunar Zainal Abdi, menjelaskan kerjasama Paket Gold dan Platinum berlaku selama 3 tahun. Bagi mitra yang memilih investasi Diamond terikat kerja sama 5 tahun. Untuk perpanjangan kontrak mitra dikenakan biaya sekitar Rp 50 juta–Rp 250 juta.

Rumah Sunat menyediakan jasa sunat anak (reguler), sunat gemuk dan sunat dewasa. Harganya Rp 1,2-Rp 1,5 juta untuk sunat reguler, Rp 2 juta-Rp 3 juta untuk sunat gemuk dan dewasa.

Omzet Rp 280 juta

Ia menargetkan, mitra Paket Gold bisa melayani 100 pasien per tahun. "Nanti tahun kedua ditargetkan 200 pasien dan tahun ketiga bisa 350 pasien," ujar Mahdian. Dengan pasien sebnayak itu, mitra bisa meraup omzet Rp 140 juta per tahun.  Dengan laba sebesar 30%, mitra bisa balik modal dalam satu sampai dua tahun.

Konsultan Franchise, Djoko Kurniawan menilai, peluang usaha ini masih menjanjikan. Pasalnya, sunat kini sudah menjadi kebutuhan semua orang. “Marketnya besar banget,” ujar Djoko.

Ia juga menilai, Paket Diamond lebih menarik. Pasalnya, paket ini punya konsep yang lebih masuk akal. Menurutnya, Rumah Sunat baiknya dibangun dari awal sehingga standarnya bagus. (***)


Share on Social Media