Olahraga

20 atlet bulu tangkis Indonesia akan berlaga di turnamen Malaysia Terbuka 2017

| Selasa 04 Apr 2017 22:50 WIB | 3046




MATAKEPRI.COM, Kuching - Sebanyak 20 atlet bulu tangkis putra dan putri Indonesia memastikan tempat di babak utama turnamen Malaysia Terbuka 2017 setelah sebelumnya lima pebulu tangkis berhasil melalui babak kualifikasi. turnamen Malaysia Terbuka 2017 setelah sebelumnya lima pebulu tangkis berhasil melalui babak kualifikasi.

Dalam pertarungan final babak kualifikasi yang dilangsungkan di Stadium Perpaduan, Kuching, Malaysia, Selasa, lima wakil Indonesia tersebut menambah jatah bagi Tanah Air melalui nomor tunggal putri, ganda putri dan ganda putra.

Tunggal putri yang diwakili Lyanny Alessandra Mainaky di babak utama, ditambah lagi dua pemain kualifikasi Susanto Yulia Yosepin dan Mia Mawarti yang sukses menjadi wakil Indonesia di nomor ini.

Yulia Yosepin yang langsung bermain di putaran dua kualifikasi, berhasil menang atas wakil India, P.C. Thulasi 21-11, 21-16. Sedangkan Mia Mawarti yang menang atas kompatriotnya Zahra Mahria Rossedy Permata 21-7, 21-5 di putaran pertama, berhasil melaju ke babak utama setelah Lyanny Mainaky dipromosikan langsung lolos ke babak utama.

Nomor ganda putri, pasangan Dian Fitriani/Nadya Melati berhasil masuk babak utama untuk menambah slot Indonesia di nomor ini yang telah ada Anggia Shita Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani, Keshya Nurvita Hanadia/Devi Tika Permatasari dan Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari.

Dian Fitri/Nadya berhasil melaju ke babak utama setelah di putaran pertama menyudahi perlawanan duet gado-gado Ririn Amelia (Indonesia)/Anna Ching Yik Cheong (Malaysia) 21-11, 19-21, 21-11 dan di putaran dua menumbangkan pasangan Negeri Jiran Peiy Yee, Payee Lim/Peiy Zhean Lim 21-12, 21-12.

Sedangkan, selain Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, di nomor ganda putra, pasangan gado-gado Hendra Setiawan (Indonesia)/Tan Boon Heong (Malaysia) juga lolos ke babak utama Malaysia Terbuka untuk mengisi slot kosong di sektor ini.

Hendra/Tan mengalahkan wakil Korea Selatan, Kim Jae-hwan/Yoo Yeon-seong, dengan skor 21-14, 21-17 di putaran pertama kualifikasi dan membungkam pasangan tuan rumah Lee Jian Yi/Lim Zhen Ting dengan skor 21-15, 21-15 di putaran dua.

Reuni Dua Nama Besar Selepas melalui babak kaualifikasi Hendra/Tan akan menghadapi wakil Indonesia Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro di putran pertama turnamen berlevel superseries premier itu.

Laga Hendra Setiawan yang akan menghadapi mantan pasangannya, Mohammad Ahsan, merupakan yang perdana bagi mereka dengan pasangan baru masing-masing selepas Hendra resmi keluar dari Pelatnas PBSI pada akhir 2016.

Dilihat dari peringkat, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro yang berada di urutan 59, ada di atas Hendra Setiawan/Tan Boon Heong yang ada di angka 92, akan tetapi pasangan lintas negara itu lebih unggul pengalaman dibanding duet tim Merah Putih.

Sementara itu, bagi pasangan Hendra/Tan, pertemuan dengan Ahsan/Rian ini merupakan yang ketiga kalinya mereka langsung berhadapan dengan pasangan Indonesia di putaran pertama turnamen BWF pada tahun 2017 ini.

Setelah di Thailand Terbuka pada Februari, Hendra/Tan mengalahkan Altof Barriq/Reinard Dhanriano dengan skor 21-16, 21-17 dan yakluk pada ajang All England 2017 dari Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo 12-21, 17-21 yang belakangan jadi juara di ajang bergengsi itu.

Adapun di nomor tunggal putra dan ganda campuran, Indonesia mengandalkan nama-nama yang lolos otomatis di ajang itu.

Di tunggal putra, Indonesia diwakili oleh Sony Dwi Kuncoro, Jonathan Christie, Anthony Sinisuka Ginting dan Tommy Sugiarto. Sementara itu, di nomor ganda campuran ada Hafiz Faizal/Shela Devi Aulia, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja, Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika, Praveen Jordan/Debby Susanto serta Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.



Share on Social Media