Pariwisata

Inilah salah satu keunikan Turki , ternyata negara ini sudah miliki Kota bawah tanah sejak 780 Maseh

| Sabtu 01 Apr 2017 06:55 WIB | 4236




MATAKEPRI.COM, Turki- Siapa yang tidak kenal dengan Turki? Turki merupakan negara unik, karena memiliki peradaban perpaduan Eropa dan Asia.

Selain keindahan alam yang luar biasa, Turki juga memiliki banyak bangunan bersejarah peninggalan masa lalu yang masih terawat dengan baik.

Salah satunya adalah sebuah 'kota' kuno di bawah tanah yang dibangun seribu tahun yang lalu yang disebut Derinkuyu.

Derinkuyu adalah kota kuno dengan 18 tingkat ke bawah tanah. Seperti layaknya kota di atas permukaan tanah, Derinkuyu juga memiliki fasilitas seperti gereja, kandang kuda, dapur, ruang bersama dan sekolah.

Kota yang ditemukan secara tidak sengaja ini bahkan memiliki tempat pemakaman.

Derinkuyu ditemukan oleh seorang warga di Cappadocia ketika dia sedang memperbaiki rumahnya pada tahun 1963. Setelah merobohkan dinding di ruang bawah tanah, ia menemukan sebuah ruangan rahasia. Ruangan itu mengarah ke terowongan bawah tanah, yang menjadi jalan ke sebuah kota kuno yang benar-benar tersembunyi.

Dihuni 20 Ribu Jiwa

Di kota tersembunyi itu terdapat ruang-ruang berisi persediaan bahan makanan dan peralatan rumah tangga.

Hal yang luar biasanya dari kota tersembunyi itu adalah kedalamannya yang mencapai 18 tingkat dan daya tampungnya yang mencapai 20 ribu jiwa.

Diduga dibuat selama era Bizantium yang berlangsung antara 780 sampai 1180 Masehi, jaringan ruang bawah tanah seperti dapur, kandang kuda, gereja, makam, sumur, ruang bersama dan sekolah dapat ditemukan di dalam Derinkuyu.

Para ahli memperkirakan Derinkuyu dibangun mungkin digunakan sebagai bunker berukuran besar, untuk melindungi penduduk dari perang Arab-Bizantium atau bencana alam.

Hasil gambar untuk derinkuyu


600 Pintu

Selain ruang-ruang tersebut, Derinkuyu juga memiliki sekitar 600 pintu masuk yang memungkinkan penghuninya untuk datang dan pergi.

Adanya pintu batu yang berat dan bisa menutup dari dalam merupakan bukti Derinkuyu dibangun untuk menahan serangan atau sebagai perlindungan. Tidak hanya itu, setiap tingkat dalam Derinkuyu dapat ditutup aksesnya secara individual.

Hanya sekitar setengah dari Derinkuyu yang bisa diakses. Namun situs tersebut telah terbukti menjadi daya tarik wisata yang populer di Cappadocia. (***)









Share on Social Media