Lingga

Lima Fraksi Sampaikan Pandangannya terhadap LKPJ Bupati Lingga

| Selasa 28 Mar 2017 23:03 WIB | 2027




MATAKEPRI.COM, Lingga - Sidang paripurna dengan agenda mendengarkan pandangan umum fraksi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah Tahun Anggaran 2016 digelar di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Lingga, Senin(28/3/2017).

Rapat tersebut dipimpin secara langsung Ketua DPRD Lingga, Drs.Riono didampingi Wakil Ketua I H.kamarudin Ali.S.H dan dihadiri instansti vertikal,OPD,Camat,Lurah dan seluruh kepala desa yang ada di Kabupaten Lingga. 

Sebelumnya DPRD Lingga mengapresiasi atas penyusunan dan penyampaian LKPJ Bupati Lingga yang dapat dilaksanakan sebelum masa waktu yang diberikan tersebut berakhir, sebagaimana amanah Peraturan Pemerintah nomor 03 Tahun 2007. 

Kondisi ini diharapkan dapat dipertahankan sebab merupakan salah satu tolak ukur pemerintah pusat sebagai pandangan disiplin pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan.

Fraksi Partai Nasdem melalui juru bicaranya, Pokyong Kadir mengatakan sangat mengapresiasi kinerja Bupati Lingga yang sudah menyelesaikan salah satu tugas konstisional sebelum batas yang ditentukan, Hal ini dilihat dari keseriusan Pemerintah Daerah terhadap penyelesaian LKPJ ini.

"Letak Geografis Lingga yang 99 persen lautan, maka Pemerintah Daerah perlu meningkatkan pengawasan terhadap isu Jual-beli pulau kepada investor yang mencatut nama Gubernur bahkan Menteri agar pemerintah bersikap serius dan tegas dalam pengawasan,"terangnya. 

Sementara itu, Ir Agus Norman dari Fraksi Golkar mengatakan terkait pendapatan daerah, belanja daerah yang meliputi bidang kesehatan dan pertanian, bidang pariwisata dan kelautan. 

"Fraksi Golkar mengharapkan keseriusan segenap pemangku kepentingan dapat bersinergi dalam meningkatkan kesejahteraan dan memajukan masyarakat Kabupaten Lingga,"jelasnya.

Disisi lain, Alek juru bicara dari fraksi Hanura lebih menyoroti sisi traksional penyusunan LKPJ yang mendapat beberapa kesalahan. Sedangkan fraksi Demokrat menyampaikan salah satunya pada target PAD yang mengalami penurunan. 

Diharapkan pada pansus yang dibentuk untuk bekerja dan mengkaji permasalahan ini, baik dari segi dukumen LKPJ maupun permasalahan defisit yang dialami Kabupaten Lingga akhir-akhir ini.(brn)




Share on Social Media