News

Pohon Tumbang dan Hujan Es Landa wilayah Jakarta

| Selasa 28 Mar 2017 17:37 WIB | 1128



Hujan es yang turun di wilayah Jakarta


MATAKEPRI.COM - Hujan deras yang disertai angin kencang dilaporkan menumbangkan sejumlah pohon di Jakarta. 

Laporan pohon tumbang diterima petugas Posko Pohon Tumbang Dinas Kehutanan DKI Jakarta di wilayah Jakarta Selatan. 

Petugas informasi posko Agus menyebut pihaknya menerima laporan pohon tumbang di Jl Anggur, Cipete Selatan.

"Ada juga di Terogong Pondok Pinang," ujar Agus dikonfirmasi, Selasa (28/3/2017). 

Pohon tumbang juga terjadi di Jl MT Haryono dekat Stasiun Cawang. "Kemudian di Tebet dekat pom bensin lama," ujar Agus. 

Belum ada informasi mengenai ada-tidaknya korban atau kendaraan yang tertimpa pohon tumbang. 

Selain pohon tumbang, peristiwa hujan es juga terjadi di berbagai wilayah di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Bentuk es yang turun bersama hujan petir itu sebagian cukup besar. 

Seorang warga Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur, Chandra, mengirimkan gambar hujan es yang mengguyur di wilayah rumahnya. Terlihat butiran es tersebar di pekarangan rumahnya.

"Sempat kaget juga bunyi bletak-bletuk, kirain ada yang nimpukin," ungkap Chandra dalam perbincangan dengan detikcom, Selasa (28/3/2017). 

Hujan es yang terjadi di wilayah Jakarta Timur memang tidak terlalu lama. Namun butiran es berwarna putih di pekarangan rumah Chandra cukup banyak.

"Pas dilihat ternyata es. Kayak es biasa, lumayan lama cairnya. Mau dicoba minum pakai sirop tapi takut beracun," ujarnya.

Chandra juga mendapatkan berbagai kiriman foto dari saudara dan koleganya. Hujan es, menurutnya, juga turun di wilayah Condet dan Ciracas, Jakarta Timur.

"Ada saudara yang coba nampungin. Itu yang di gelas, (dari) hujan yang di Condet," jelas Chandra.

Terlihat di foto tersebut, es yang turun di wilayah Condet cukup besar-besar. Besaran es serupa juga diketahui turun di wilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kepala Bagian Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko menjelaskan hujan es terjadi pada saat hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang dengan durasi singkat. Butiran es berjatuhan saat hujan deras disertai petir yang mengguyur wilayah Jakarta sore ini.

"Kejadian hujan lebat/es disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat. Lebih banyak terjadi pada masa transisi/pancaroba musim, baik dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya," terang Hary saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (28/3). (***/isu)



Share on Social Media