Bintan

Bintan Akan Banjir Sapi Jika Inseminasi Buatan ini Berhasil

| Kamis 16 Mar 2017 12:03 WIB | 2785



Ilutrasi


MATAKEPRI.COM, Bintan - Kementerian Pertanian bersama dengan Pemerintah Daerah Bintan melakukan kegiatan Inseminasi Buatan (IB) massal. Hal ini bertujuan agar sapi milik peternak cepat bunting, sehingga terjadi peningkatan populasi sapi di Kabupaten Bintan.

Kegiatan IB merupakan salah satu upaya penerapan teknologi tepat guna yang menjadi pilihan utama untuk peningkatan populasi dan mutu genetik sapi. Melalui kegiatan IB, penyebaran bibit unggul ternak sapi dapat dilakukan dengan murah, mudah dan cepat, serta diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para peternak.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita menyampaikan peternak sebagai tulang punggung peternakan nasional sudah saatnya harus berjaya.

Untuk itu, pembangunan peternakan dan kesehatan hewan nasional tahun 2017 difokuskan melalui Sapi Indukan Wajib Bunting yang merupakan kegiatan terintegrasi untuk mempercepat pencapaian target kelahiran sapi dan kerbau secara masif dan serentak.

"Untuk mensukseskankannya, kita perlu mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal dan peran aktif dari semua pihak, termasuk masyarakat di Kabupaten Bintan ini", himbaunya ketika memberikan sambutan pada acara Sinkronisasi Birahi-Inseminasi Buatan Ternak Sapi Mendukung Upsus Siwab di Kabupaten Bintan seperti dikutip melalui keterangan resmi.

Dia mengingatkan agar pelaksanaan Upsus Siwab dapat berjalan lancar, maka Pemda Bintan perlu segera mempersiapkan SK Tim Pokja dan petugas penanggung jawab dapat bekerja dengan sebaik-baiknya. Terutama terkait ketersediaan petugas Inseminator, petugas Pkb dan ATR perlu ditingkatkan.

Bupati Bintan Apri Sujadi menyampaikan saat ini terdapat 750 ekor sapi dengan kebutuhan kurang lebih 96 ton di Bintan. Kondisi ini memang belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Tahun ini Kabupaten Bintan memiliki target IB sebanyak 102 ekor akseptor dengan target kebuntingan 60 ekor.

"Sebagai daerah perbatasan, Bintan akan berupaya mengembangkan potensi dengan baik karena dari segi sektor geografis sangat menguntungkan, sedangkan dari jumlah peternak masih memungkinkan dan lahan masih luas. Kedepannya akan terus dikembangkan,” tegasnya. n4-ib



Share on Social Media