Batam, News

Car Free Day Dimanfaatkan Polda Kepri untuk Edukasi Tertib Lalu Lintas

| Senin 13 Mar 2017 09:41 WIB | 2262

Polda Kepri


Car Free Day Batam.


MATAKEPRI.COM, Batam - Direkorat Lalulintas Polda Kepri dan Polresta Barelang memanfaatkan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor yang biasa disebut Car Free Day di Nagoya Batam untuk melakukan edukasi tertib berlalu lintas dengan tujuan mengurangi angka kecelakaan.
        
"Kegiatan ini menarik ribuan warga Batam. Jadi kami memanfaatkannya untuk edukasi berlalu lintas. Kebetulan juga bertepatan dengan Operasi Simpatik Seligi 2017," kata Direktur Lalulintas Polda Kepri Kombes Pol Asep Akbar Hikmana di Nagoya, Batam, kemarin.
        
Dengan edukasi yang dilakukan diharapkan masyarakat bisa semakin tertib berkendara sehingga angka kecelakaan lalu lintas bisa terus menurun.
        
"Kami terus berkesinambungan melakukan sosialisasi ini. Kami juga imbau pada seluruh lapisan, bahwa kecelakaan bukan tanggung jawab petugas saja, namun tanggung jawab semua. Kecelakaan awalnya biasanya bermula dari pelnggaran," kata dia.
        
Selama Operasi Simpatik, Polda Kepri juga melakukan sosialisasi ke sekolah, kampus dan kelompok masyarakat.
        
"Kami juga berterima kasih pada masyarakat Kepri yang sudah tertib. Ketaatan sudah meningkat, namun kami harap terus dilakukan bukan saat ada petugas pada operasi simpatik seperti ini," kata Asep.
        
Kegiatan tersebut diisi dengan kuis terkait peraturan lalu lintas, peragaan tertib lalu lintas oleh Polwan Polda Kepri dan Polresta Barelang serta senam masal.
        
"Batam merupakan kota dengan populasi kendaraan terbesar di Kepri. Sehingga jika masyarakat tidak peduli dengan aturan berlalu lintas maka juga akan merugikan pengendara lain," kata dia.
        
Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Yusfa Hendri mengatakan dalam satu bulan Pemkot Batam sudah rutin menggelar "Car Free Day" selama dua kali sebulan yaitu minggu kedua dan keempat.
        
"Kegiatan tersebut biasanya juga dimanfaatkan oleh sejumlah instansi termasuk kepolisian dalam sosialisasi berbagai program. Karena memang kegiatan ini menarik minat banyak masyarakat," kata dia.
        
Dishub, kata dia, juga berterima kasih pada Polda Kepri beserta jajaran yang sudah melaksanakan kegiatan sosialisasi kepatuhan berkendara dengan tujuan menurunkan kecelakaan lalu lintas.
        
"Tentunya kami juga ingin masyarakat sadar dan patuh dengan peraturan berkendara agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain," kata Yusfa.n4-an/ded




Share on Social Media