Karimun, News

Tak Penuhi Standar Keamanan, Rutan Karimun Akan Dipindahkan

| Jumat 10 Mar 2017 14:58 WIB | 2914




MATAKEPRI.COM, Karimun - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mewacanakan untuk merelokasi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun yang dinilai tidak memenuhi standar keamanan.
         
"Kebetulan kami sudah bincang-bincang dengan bupati. Tapi itu baru wacana karena relokasi tidak semudah itu, perlu kajian dan pembahasan mendalam," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri Bambang Widodo dalam kunjungan ke Tanjung Balai Karimun, Karimun, Jum'at (10/3)
         
Bambang Widodo menjelaskan, ada beberapa ketentuan yang dipenuhi dalam membangun sebuah rutan, salah satunya harus dekat dengan kantor polisi, dan memiliki ketersediaan air yang cukup untuk kebutuhan penghuni rutan.
         
"Letaknya harus jauh dari pemukiman penduduk, dan bangunannya harus memenuhi standar keamanan," kata dia.
         
Namun demikian, Bambang mendorong relokasi Rutan Karimun yang dia nilai sudah tidak memenuhi standar keamanan dan berada di tengah-tengah pemukiman penduduk.
         
Rutan Tanjung Balai Karimun yang terletak di Kelurahan Lubuk Semut, Kecamatan Karimun tidak memiliki jarak yang cukup sesuai standar keamanan dengan perumahan warga.
         
Dia mengatakan, berdasarkan teori pengamanan, sebuah rutan harus memiliki satu daerah teritorial pengamanan yang berlapis, daerah privasi dan sekresi dengan pagar yang letaknya berjarak yang agak jauh dari bangunan rutan maupun rumah warga.
         
"Pagar Rutan Karimun sangat dekat bangunan, jalan dan rumah penduduk. Seseorang bisa dengan mudah melemparkan sesuatu ke dalam atau atap rutan, seperti narkoba atau barang terlarang lainnya," ujarnya.
         
Dia mencontohkan, satgas kamtib menemukan lima unit telepon genggam di atap atau daerah luar dalam razia yang dilaksanakan pada Senin (27/2) sore, dan diduga dilempar dari luar.
         
"Pelemparan itu bisa terjadi pada malam hari. Sangat mudah dilakukan karena tidak jauh dari pagar ada jalan," kata dia. n4




Share on Social Media