News

Ini Dia Manfaat Sarapan. Ahli Gizi:Wajin Mengandung Empat Manfaat

| Minggu 05 Mar 2017 16:10 WIB | 1165



Ilustrasi


MATAKEPRI.COM - Mengonsumsi makanan dan minuman pada pagi hari atau sarapan, merupakan bagian penting bagi masyarakat. Terutama anak usia dini, sebelum menjalankan aktivitas. 

Lalu seperti apa komposisi dan waktu tepat menyantap sarapan sehat itu?

Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia, Hardinsyah mengatakan ada empat manfaat sarapan sehat. Dia menyebut istilah SKCC.

"SKCC itu sehat, kuat, cerdas dan ceria," ucap Hardinsyah saat acara kampanye nasional 'Sarapan Sehat Sebelum Jam 9' di Lapangan Perhubungan Daerah Militer (Hubdam) III/Siliwangi di kawasan Tegalega, Jalan Mochamad Toha, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (5/3/2017).

Lebih lanjut Hardinsyah menuturkan, sarapan dapat dikatakan sarapan sehat bila memenuhi dua syarat utama yaitu waktu dan komposisi gizi yang tepat. 

"Waktu sarapan yang tepat ialah pagi hari atau sebelum jam sembilan pagi, sebab kondisi tubuh mulai menurun setelah berpuasa selama sepuluh hingga duabelas jam," ujarnya.

Terpenting soal sarapan sehat, sambung dia, komposisi makanan atau minuman yang dikonsumsi itu mesti memerhatikan keseimbangan gizi. 

Komposisi sarapan yang tepat, Hardinsyah melanjutkan, harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral. 

"Serta air yang dapat memenuhi seperempat kebutuhan gizi harian," ucap Hardinsyah.

Perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ulul Albab, berharap masyarakat memulai aktivitas dengan membiasakan sarapan sehat. Sarapan yang baik, kata Ulul, harus mengandung zar cair dan padat.

"Kombinasi tersebut dapat menunjang metabolisme yang diperlukan tubuh. Sarapan itu tidak hanya banyak, tetapi juga harus mengandung zat gizi yang tepat. Sarapan akan memberikan energi," ucap Ulul.

Lalu bagaimana jika tidak sarapan sehat? "Kalau tidak sarapan menjadi kekurangan gula. Kalau kurang gula akan mengurangi konsentrasi cepat mengantuk dan cape," ujar Ulul menegaskan.(*)




Share on Social Media